Pengembangan Kemampuan Visual Spasial Melalui Alat Permainan Edukatif "Rumah Pintar" pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Hidayah Deltasi Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022/2023

Septiani, Gita (2023) Pengembangan Kemampuan Visual Spasial Melalui Alat Permainan Edukatif "Rumah Pintar" pada Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Hidayah Deltasi Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SKIRPSI GITA SEPTIANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Alat Permainan Edukatif Rumah Pintar,Kemampuan Visual Spasial

Kemampuan visual spasial adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan individu untuk memvisualisasikan gambar di dalam pikirannya. Kecerdasan spasial merupakan kemampuan sistem mata atau tubuh untuk benar-benar memahami dan berhasil menegoisasikan lingkungan dalam 3 dimensi dan dunia disekitarnya.
Fokus Penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan kemampuan visual spasial melalui Alat Permainan Edukatif “Rumah Pintar” pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Hidayah Deltasari, Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022-2023; (2) Bagaimana hasil kemampuan visual spasial setelah digunakan Alat Permainan Edukatif Rumah Pintar pada kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Nurul Hidayah Deltasari,Kabupaten Sidoarjo Tahun Pelajaran 2022-2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Nurul Hidayah Sidoarjo. Subjek penelitian adalah siswa kelas B-1 yang terdiri atas 31 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi test dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah LKPD dan lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media Alat Permainan Edukatif “Rumah Pintar” diikuti dengan kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. Kegiatan ini melibatkan pengenalan materi, pemahaman melalui permainan dan dilanjut dengan LKPD, serta evaluasi pemahaman melalui tanya jawab. Selain itu, kegiatan juga melibatkan refleksi, umpan balik, dan penyampaian rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. (2). Pada hasil perkembangan kemampuan visual spasial setelah digunakannya Alat Permainan Edukatif ‘Rumah Pintar” sebagai berikut: pada kategori menangkap warna beserta fungsinya melalui rambu lalu lintas 65% berkembang sesuai harapan, kemudian pada kategori memahami arah denah 90% siswa berkembang sesuai harapan, kategori memahami melalui ragam bentuk bangun gemetri 70% siswa mulai berkembang, kategori mengenal hewan 61% siswa berkembang sangat baik, kategori mengenal angka melalui jarum jam sebanyak 83% siswa dari total keseluruhan sudah berkembang baik dan pengembangan aspek kemampuan visual spasial anak sudah mulai berkembang dengan sangat baik, tetapi dalam mengenal geometri dan arah denah masih perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Gita Septiani
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:33
Last Modified: 14 Jul 2023 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27358

Actions (login required)

View Item View Item