PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN JEMBER MENURUT PERATURAN DAERAH (PERDA) JEMBER NOMOR 7 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS

Muhammad, Lutfiyanto (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS DI KABUPATEN JEMBER MENURUT PERATURAN DAERAH (PERDA) JEMBER NOMOR 7 TAHUN 2016 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PEMENUHAN HAK-HAK PENYANDANG DISABILITAS. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Muhammad Lutfiyanto Revisi Sidang.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Lutfiyanto, 2023: Perlindungan Hukum Bagi Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Jember Menurut Peraturan Daerah (Perda) Jember Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Pada dasarnya penyadang disabilitas memiliki hak yang sama seperti non-disabilitas, hanya saja dalam upaya mendapatkan hak tersebut perlu ada bantuan fasilitas pendukung yang mempermudah penyandang disabilitas dalam beraktifitas. Oleh karena itu penulis akan melakukan penelitian terkait dengan sudah sesuaikah hak hak yang seharusnya diterima oleh yang penyandang disabilitas, dibandingkan dengan keadaan yang terjadi di lapangannya. Karena indonesia sendiri menganut salah satu prisip yaitu equality before the law, yang berarti bahwa setiap orang yang berhak menerima perlakuan yang sama dihadapan hukum, oleh karena demi menunjang kesetaraan hak, maka perlu dilakukan pemberian fasilitas khusus sesuai yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas demi tercapainya hak hak yang seharusnya mereka dapatkan.
Dengan Fokus penelitian sebagai berikut: (1) Apa saja faktor yang mendorong terjadinya diskriminasi hak bagi tenaga kerja disabilitas Di Kabupaten Jember? (2) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi tenaga kerja disabilitas Di Kabupaten Jember menurut Peraturan Daerah (PERDA) Jember Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.
Tujuan Penelitian Sebagai Berikut: (1) Untuk mendeskripsikan faktor yang mendorong terjadinya diskriminasi hak bagi tenaga kerja disabilitas Di Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan bentuk perlindungan hukum bagi tenaga kerja disabilitas Di Kabupaten Jember menurut Peraturan Daerah (PERDA) Jember Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Penyandang Disabilitas. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pandangan Peraturan Daerah Jember Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas.
Dengan Hasil Penelitian sebagai berikut: 1) Faktor yang mempengaruhi terjadinya diskriminasi hak bagi tenaga kerja yaitu fisik dan keahlian. Fisik yang tidak sempurna dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya menjadi faktor utama terjadi diskriminasi bagi penyandang disabilitas, karena bagi orang lain tanpa adanya fisik yang sempurna dan bekerja dengan baik maka akan sulit untuk bekerja dengan baik. 2) Pemerintah Kabupaten Jember sudah memberikan perlindungan hukum kepada tenaga kerja penyandang disabilitas melalui pengawasan dari dinas tenaga kerja Kabupaten Jember, dengan memberikan pelatihan kerja kepada penyandang disabilitas dan melakukan pendataan setiap enam bulan sekali kepada setiap perusahaan agar dapat mengetahui kebenaran bahwasanya setiap perusahaan menggunakan tenaga kerja disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Muhamad Lutfi Yanto
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:41
Last Modified: 14 Jul 2023 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27360

Actions (login required)

View Item View Item