Pembinaan Karakter Remaja Melalui Rutinan Mujahadah Usbuiyah di Majelis Ta’lim Muslimat NU Kalibendo Pasirian Lumajang

Saniah, Nila Khisholus (2023) Pembinaan Karakter Remaja Melalui Rutinan Mujahadah Usbuiyah di Majelis Ta’lim Muslimat NU Kalibendo Pasirian Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NILA KHISHOLUS SANIAH_T20181074.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nila Khisholus Saniah, 2022: Pembinaan Karakter Remaja Melalui Rutinan Mujahadah Usbuiyah di Majelis Ta’lim Muslimat NU Kalibendo Pasirian
Lumajang.
Kata kunci : Pembinaan karakter remaja
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter remaja melalui kegiatan keagamaan di lingkungan masyarakat. Melihat dari kegiatan yang ada di majelis ta’lim, Sebagai salah satu kepedulian masyarakat adanya Mujahadah Usbuiyah merupakan satu wadah yang berisi bimbingan dan pembinaan remaja dengan pendekatan keagamaan. Maka dengan ini peneliti mengangkat sebuah judul Pembinaan karakter Remaja Melalui Rutinan Mujahadah Usbuiyah Di Majelis ta’lim muslimat NU Desa kalibendo, Pasirian, Lumajang.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana pembinaan Karakter Religius bagi remaja melalui rutinan Mujahadah Usbuiyah Di Majelis ta’lim muslimat NU Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang? 2. Bagaimana pembinaan Karakter Bersahabat/Komunikatif bagi remaja melalui rutinan mujahadah Usbuiyah Di Majelis ta’lim muslimat NU Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang ? 3. Bagaimana pembinaan karakter peduli sosial bagi remaja melalui rutinan Mujahadah Usbuiyah di Majelis ta’lim muslimat NU Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan pembinaan karakter religius bagi remaja melalui rutinan Mujahadah Usbuiyah Di Majelis ta’lim muslimat NU Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 2. Untuk mendeskripsikan pembinaan karakter bersahabat/komunikatif bagi remaja melalui rutinan Mujahadah Usbuiyah Di Majelis ta’lim muslimat NU Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. 3. Untuk mendeskripsikan pembinaan karakter peduli sosial bagi remaja melalui rutinan Mujahadah Usbuiyah Di Majelis ta’lim muslimat NU desa kalibendo kecamatan pasirian kabupaten lumajang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi parsitipatif, metode wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamat, memperpanjang pengamatan, triangulasi (sumber, waktu, teknik) dan pembahasan teman sejawat.
Hasil penelitian bahwa pembinaan karakter remaja di Majelis ta’lim muslimat NU Desa Kalibendo, Pasirian, sebagai berikut: 1. Pembinaan karakter religius pada remaja yaitu pengurus mengajarkan nilai- nilai tauhid dan ibadah jika anak terbiasa beribadah sejak dini maka kebiasaan itu bisa terbawa sampai mereka tumbuh dewasa, mengajarkan adab dan akhlak agar dapat menjadikan pondasi dalam berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya. 2. Pembinaan Karakter Bersahabat Pada remaja yaitu dengan mendekatkan diri dengan teman sebaya yang nantinya pasti akan saling membutuhkan dalam segala urusan kita. 3. Pembinaan Karakter Peduli sosial pengurus mengajarkan untuk saling berbagi dan memberi bantuan terhadap orang lain dan yang paling membutuhkan, karna kita tidak bisa hidup sendirian tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Depositing User: Nila Khisholus Saniah Nila khisholus saniah
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:17
Last Modified: 14 Jul 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27366

Actions (login required)

View Item View Item