TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTEK JUAL BELI BIJI PUERARIA JAVANICA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM TIMBUN HASIL (STUDI KASUS DI DESA SANENREJO KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER)

Basori, Akor (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PRAKTEK JUAL BELI BIJI PUERARIA JAVANICA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM TIMBUN HASIL (STUDI KASUS DI DESA SANENREJO KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Akor Basori_S20162057.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Akor Basori, Dr. Sri Lumatus Sa'adah, M.H.I, 2023: Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Jual Beli Biji Pueraria Javanica Dengan Menggunakan Sistem Timbun Hasil. Studi Kasus Di Desa Sanenrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember
Membeli dan menjual dapat dianggap sebagai bagian dari perdagangan. Menurut keyakinan Islam, setiap transaksi bisnis yang dilakukan sesuai dengan ketentuan-Nya akan bernilai ibadah. Beberapa prinsip Islam harus dipenuhi sebelum pembelian atau penjualan dapat dianggap diberkati dalam Islam. Tindakan jual beli berfungsi sebagai muamalah dan membantu menjaga perekonomian tetap berjalan. Oleh karena itu, salah satu kebajikan bisnis yang paling penting untuk diikuti oleh penjual dan pembeli saat bertransaksi adalah kejujuran. Sayangnya, sebagian orang masih melakukan ketidakjujuran dalam berbisnis, padahal pembeli membutuhkan penjual yang jujur dan terbuka dengan fakta. Hal ini karena jual beli yang tidak jujur dilarang dalam Islam. Jual beli bibit Pueraria Javanica mencerminkan perilaku penimbunan yang mirip dengan ikhtikar di Dusun Senenrejo. Beberapa warga Desa Sanenrejo menggunakan teknik penimbunan sebagai akibat dari tingkat persaingan yang ketat di daerah tersebut. Karena merugikan orang lain dan sedikit membantu penjual, maka aspek perdagangan ini termasuk ilegal.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : 1 Bagaimana Praktek Penimbunan Barang Pueraria Javanica Di Desa Sanenrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember? 2. Bagaimana Praktek Penimbunan Barang Pueraria Javanica Menurut Fiqh Muamalah?
Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk Mengetahui Praktek Penimbunan Barang Pueraria Javanica Di Desa Sanenrejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember 2. Untuk Mengetahui Praktek Penimbunan Barang Pueraria Javanica Menurut Fiqh Muamalah.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1 Praktek Penimbunan Barang Pueraria javanica di Desa Sanenrejo yakni dengan cara membeli semua hasil panen biji tersebut dan menyimpannya dalam gudang sehingga waktu harga biji Pueraria javanica mahal karena tidak musim baru dikeluarkan dan dijual ke pasar. 2) Praktek Penimbunan Barang Pueraria javanica di Sanenrejo tidak menggunakan prinsip iktikar atau menimbun barang yang merupakan salah satu larangan jual beli dalam islam. Hal ini karena tidak semua penimbunan biji ini berdampak besar ke masyakat sekitar, karena biji Pueraria javanica bukan termasuk dalam bahan pangan / bahan pokok yang akan merugikan masyarakat.

Keyword: Pueraria Javanica, Fiqh Muamalah, Sistem Timbun Hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pueraria Javanica, Fiqh Muamalah, Sistem Timbun Hasil.
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Akor Basori Basori
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:49
Last Modified: 14 Jul 2023 07:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27367

Actions (login required)

View Item View Item