GAGASAN PAN-ISLAMISME DAN UPAYA SULTAN ABDUL HAMID II MEMPERTAHANKAN KEKHILAFAHAN TURKI UTSMANI TAHUN 1876-1909

MAWARTI, I’IN SAYYI (2023) GAGASAN PAN-ISLAMISME DAN UPAYA SULTAN ABDUL HAMID II MEMPERTAHANKAN KEKHILAFAHAN TURKI UTSMANI TAHUN 1876-1909. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
I’IN SAYYI MAWARTI_U20184033.pdf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh khalifah Sultan Abdul Hamid II (1842-1918) yang menurut deskriptif pengamatan literal menunjukan bahwa khawatir akan lemahnya kekhilafahan Turki Utsmani dalam bidang politik, keagamaan, sosial dan lain sebagagainya. Salah satu cara Sultan Abdul Hamid II mempertahankan kekhalifahannya adalah dengan mempersatukan umat muslim di dunia dengan gagasan Pan-Islamisme dan upaya yang lain. Namun kenyataanya gagasan Pan-Islamisme mendapat berbagai respon dari tokoh-tokoh muslim yang berpengaruh pada eksistensi kekhilafahan Utsmani dan Sultan Abdul Hamid II sebagai khalifah.
​Fokus dalam penelitian ini adalah terletak pada gagasan Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid II sebagai upaya mempertahankan kekhilafahan Turki Utsmani. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni : 1) Apa latar belakang berdirinya gagasan Pan-Islamisme? 2) Bagaimana respon tokoh muslim terhadap gagasan Pan-Islamisme? 3) Apa upaya Sultan Abdul Hamid II dalam mempertahankan Kekhilafahan Turki Utsmani tahun 1876-1909?
​Berdasarkan rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan historis dan sosiologis agama yang bertujuan menelaah sumber-sumber lain yang berisi informasi-informasi mengenai masa lampau. Dengan berbekal teori ashabiyah yang menjelaskan sebagai umat Islam saling melindungi sesama saudara muslim dan saling mendukung mengembangkan potensi adalah hal yang dilumrahkan. Untuk mendukung dan pendekatan dan teori yang digunakan, peneliti mengkaji data-data yang telah dikumpulkan menggunakan metode deskriptif naratif lalu memverifikasi sumber data yang ada dan terakhir menuliskan nya menjadi tulisan sejarah.
​Penelitian ini menghasilkan kesimpulan 1) yang melatarbelakangi berdirinya Pan-Islamisme yaitu karena mulai melemahnya kekhilafahan itu sendiri yang disebabkan pasca kekalahan perang Turki, penyebaran pemikiran Barat di kekhilafahan, dan penjajahan di wilayah Islam. 2) Respon dari tokoh muslim seperti Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha terhadap Pan-Islamisme yang berbeda dengan pemikiran gagasan Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid II. 3) Beberapa upaya selain Pan-Islamisme diantaranya membersihkan kekhilafahan dari orang-orang yang telah berpengaruh pemikiran Barat, Sultan juga membangun proyek rel kereta api Hijaz serta memperkuat keamanan Palestina dari Yahudi. Pan-Islamisme dan beberapa upaya tersebut adalah bentuk usaha Sultan Abdul Hamid II dalam mempertahankan kekhilafahan Turki Utsmani pada tahun 1876-1909.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160512 Social Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160513 Tourism Policy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1606 Political Science > 160609 Political Theory and Political Philosophy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Depositing User: I’IN SAYYI MAWARTI
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:36
Last Modified: 14 Jul 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27374

Actions (login required)

View Item View Item