PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FIQIH WANITA "BAB HAID" KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AS-SYAFA'AH TAHUN AJARAN 2022/2023

Nafiah, Wardatun (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI FIQIH WANITA "BAB HAID" KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AS-SYAFA'AH TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI KUANTITATIF FIX WISUDA WAJIB TAHUN INI LULUS edit.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wardatun Nafiah, 2023: Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap
Hasil Belajar Siswa Materi Fiqih Wanita "Bab Haid" Kelas X Di Sekolah
Menengah Kejuruan As-Syafa'ah tahun ajaran 2022/2023.(dosen pembimbing :
Dra. Hj. Siti Nurchayati M. Pd. I)
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Card Sort, Fiqih Wanita,
Latar belakang penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya kesulitan yang
dialami peserta didik kelas X SMK As-Syafa‟ah Jember. Dibuktikan perolehan
data nilai sebelumnya dengan nilai rata-rata hasil belajar dari 22 siswa yang tuntas
ada 17 anak. Hal ini terjadi karena siswa merasa bosan dalam proses
pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif
menyebabkan siswa kurang aktif sehingga memengaruhi nilai hasil belajar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi
pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa materi Fiqih Wanita "Bab
Haid" Di Sekolah Menengah Kejuruan As-Syafa'ah Tahun Pelajaran 2022/2023 ?.
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tentang pengaruh strategi pembelajaran
card sort terhadap hasil belajar siswa materi Fiqih Wanita "Bab Haid" Di Sekolah
Menengah Kejuruan As-Syafa'ah Tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan As-Syafa'ah
Jember. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre
Eksperimental Design dan jenis yang diambil adalah One Group Pretest Posttest
Design. Teknik pengumpulan data terdiri dari tahap dokumentasi, observasi, dan
tes. kemudian hasil uji coba diuji dengan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat
menggunakan uji normalitas dan teknik analisis data menggunakan uji paired
semple t-tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai posttest diperoleh nilai terendah 50
dan nilai tertinggi 100. Nilai rata-rata pretest atau sebelum diberi perlakuan
sebesar 66.82 setelah diberikan perlakuan dengan strategi Card Sort nilai rata-rata
posttest siswa yaitu 80.45. Pada penelitian ini terlihat bahwa signifikansi sebesar
0,005 < dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang
menyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah
diberi perlakuan strategi pembelajaran card sort diterima. Hasil analisis
menunjukkan bahwa strategi pembelajaran card sort berpengaruh positif dan
signifikan terlihat dari data-data yang sudah diambil sebelum dan sesudah diberi perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Wardatun Nafiah
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:35
Last Modified: 14 Jul 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27376

Actions (login required)

View Item View Item