ANALISIS PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 GRESIK

Nia, Fatmawati (2023) ANALISIS PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 24 GRESIK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NIA fatmawati fiks_compressed (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Nia Fatmawati, 2023, Analisis Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik.

Kata Kunci : Penerapan kurikulum merdeka, Problematika Guru PAI

Problematika merupakan kendala atau permasalahan yang belum dapat dipecahkan sehingga untuk mencapai tujuan menjadi terhambat dan tidak maksimal. Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik masih ada beberapa problem yang dihadapi guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kurikulum merdeka dipembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik.
Adapun Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1)Bagaimana penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik ?, 2) Bagaimana problematika guru pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik ?, 3) Bagaimana solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam untuk mengatasi problematika di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik ?
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya deskriptif, penentuan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Adapun hasil dari penelitian adalah : 1) Penerapan kurikulum berdasarkan struktur kurikulum merdeka yang terdiri atas penguatan profil pancasila yang dalam setahun dilakukan tiga projek, projek satu dilakukan setelah UTS, kemudian projek 2 dilakukan awal semester genap dan projek ketiga dilakukan setelah UAS semester genap. sedangkan penerapan intrakulikuler diterapkan dengan pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari 3 kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.2) problematika guru pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Gresik, yaitu guru pendidikan agama islam masih kurang memahami konsep kurikulum merdeka, guru pendidikan agama islam dihadapkan dengan hambatan dalam membuat modul ajar dan perencanaan, perencanaan pembelajaran yaitu pada saat menganalisis capaian pembelajaran, melakukan penyusunan alur tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, 3) solusi yang dilakukan guru pendidikan agama islam untuk mengatasi problematika dalam kurikulum merdeka yaitu guru pendidikan agama islam mengikuti sosialisasi in house training dan pelatihan yang diadakan oleh pihak sekolah maupun dinas pendidikan, mengikuti pertemuan MGMP yang dilakukan satu bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nia fatmawati
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:32
Last Modified: 14 Jul 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27378

Actions (login required)

View Item View Item