Wiratama, Virdana Putra (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BAGI SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Virdana Putra Wiratama (Skripsi).pdf Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan dapat mempengaruhi
kehidupan manusia, misal pada bidang pendidikan yang didorong oleh dua hal
tersebut. Penggunaan media menjadi salah satu penunjang kegiatan pembelajaran.
Penggunaan media yang tepat dapat membantu pemahaman siswa mengenai materi
yang dipelajari, terutama penggunaan media kreatif yang dapat meningkatkan
gairah belajar siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh dapat maksimal dan baik.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan kevalidan media
berbasis Google Sites dengan pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan
hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII MTs Ma’arif
Ambulu Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kepraktisan media berbasis Google
Sites dengan pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar pada
materi bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII MTs Ma’arif Ambulu Jember.
3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media berbasis Google Sites dengan
pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bangun
ruang sisi datar bagi siswa kelas VIII MTs Ma’arif Ambulu Jember.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE. Pertama yaitu tahap analysis, kedua yaitu
tahap design, ketiga yaitu tahap development, keempat yaitu tahap implementation,
tahap terakhir yakni evaluation dilakukan evaluasi produk berdasarkan tanggapan
dan saran yang didapatkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan media pembelajaran
memperoleh rata-rata sebesar 71,25% yang artinya termasuk kategori “cukup
valid”, kevalidan pada ringkasan materi menghasilkan presentase 96,65% yang
artinya termasuk kategori “sangat valid”, sedangkan kevalidan pada angket respon
siswa menghasilkan persentase 98,33% yang artinya termasuk kategori “sangat
valid”. 2) Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 83,38% dari
seluruh aspek yang dinilai dengan kategori “praktis”. 3) Tingkat keefektifan media
berbasis google sites dengan pendekatan etnomatematika diketahui berdasarkan N-
Gain Score sebesar 70,96% dengan kategori “cukup efektif” yang artinya bahwa
pembelajaran menggunakan media berbasis google sites dengan pendekatan
etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar dinyatakan efektif dan layak
digunakan sebagai salah satu bahan ajar matematika kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr Virdana Putra Wiratama |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:28 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27381 |
Actions (login required)
View Item |