Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember

Nur Faizah, Ulfa (2023) Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ULFA FIX.pdf
Restricted to Registered users only until 15 July 2023.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Bimbingan Konseling sangat dibutuhkan serta penting untuk dilaksankan guna membantu peseta didik dalam menghadapi masalah yang dihadapinya. Kemudian Kenakalan yang sangat menghawatirkan karna berakibat kurang baik untuk pendidikan serta jauh dari harapan sebagaimana tujuan pendidikan nasional. Maka dari itu MAN 2 Jember ada program (SOP) dalam mengatasi kenakalan siswa. Dan guru BK di MAN 2 Jember ini langsung mengatasi ketika ada kasus kenakalan dengan siswa yang bersangkutan tersebut.
Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? (3) Bagaimana evaluasi bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember (2) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember dan (3) Mendeskripsikan evaluasi bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian lapangan dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari Penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan manajemen bimbingan dan konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yang dilakukan meliputi: menetapkan sebuah tujuan kerangka atau rancangan dan rencana bagi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling. Dalam merencanakan program biasanya dilakukan di awal tahun bersamaan dengan orientasi. (2) Pelaksanaan manajemen bimbingan dan konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yaitu dengan menggunakan program harian SOP, Link pelanggaran, dan layanan perorangan ataua individual yang dilaksankan ketika ada siswa yang melakukan pelanggaran. (3) Evaluasi manajemen bimbingan dan konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember yaitu Evaluasi Proses dengan cara memantau siswa melalui wali kelas. Evaluasi Hasil dengan cara melihat hasil perubahan pada setiap siswa terutama pada siswa yang telah melanggar peraturan-peraturan madrasah. Apabila melanggar poinnya akan dikurangi sesui ketetapan program Standar Operasional (SOP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Me Ulfa Nur Faizah
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:27
Last Modified: 14 Jul 2023 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item View Item