Manajemen kelas dalam Mengatasi Kebosanan Siswa pada pembelajaran Al Qur'an hadits di MI Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember

Malikatul Azizah, Malika (2023) Manajemen kelas dalam Mengatasi Kebosanan Siswa pada pembelajaran Al Qur'an hadits di MI Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddik jember.

[img] Text
SKRIPSI MALIKATUL AZIZAH WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga pendidikan dasar pada pendidikan formal Indonesia yang setara dengan sekolah dasar, bahkan lebih banyak di pandang oleh kalangan masyarakat karena memiliki keunggulan dan karakteristrik yang berbeda dalam segi keagamaan bagi peserta didiknya. Memiliki kelebihan dalam manajemen kelas merupakan inti dari efektifitasnya kegiatan belajar mengajar yang ada di kelas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kelas yang bersifat fisik dalam mengatasi kebosanan siswa pada pembelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah jember? 2) Bagaimana bagaimana manajemen kelas yang bersifat non fisik dalam mengatasi kebosanan siswa pada pembelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan manajemen kelas yang bersifat fisik dalam mengatasi kebosanan siswa pada pembelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah jember. 2) Untuk Mendeskripsikan manajemen kelas yang bersifat non fisik dalam mengatasi kebosanan siswa pada pembelajaran al-qur’an hadits di madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro jenggawah jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif den jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Manajemen Kelas yang Bersifat Fisik dalam mengatasi Kebosanan Siswa pada Pembelajaran Al-qur’an hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember meliputi: a) pengaturan ruang belajar dan perabot kelas berupa kondisi ruang kelas, penghiasan ruang kelas, penataan meja guru, penataan kursi siswa. b) pengaturan peserta didik dalam belajar berupa pengelompokan peserta didik, pengaturan tempat duduk siswa. 2) Manajemen Kelas yang Bersifat Non Fisik dalam Mengatasi kebosanan Siswa pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kertonegoro Jenggawah Jember yaitu: meningkatkan hubungan interaksi antar siswa, guru dan masyarakat sekitar, serta menjalin komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education
Depositing User: Mrs Malikatul Azizah
Date Deposited: 14 Jul 2023 06:53
Last Modified: 14 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27387

Actions (login required)

View Item View Item