uminurjanah, lisa (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DAN SOSIAL SISWA MELALUI PEMANFAATAN BANK SAMPAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA'ARIF 35 NURUL ULUM TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
LISA UMINURJANAH_T20184087.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beintuk keigiiatan iimpleimeintasii peindiidiikan karakteir peidulii liingkungan dan sosial siiswa meilaluii peimanfaatan bank sampah serta implikasinya dii Madrasah Iibtiidaiiyah Ma’ariif 35 Nurul Ulum Ambulu Jeimbeir tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini meinggunakan peindeikatan kualiitatiif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan menggunakan model interaktif yang dikemukakakn oleh Milles Huberman serta kebasahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan: Sedekah sampah, MI Nurul Ulum bersih, green school, kantin sehat. 2) Bentuk kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli sosial: Kerja bakti lingkungan sekolah, amal hari jum’at, MI Nurul Ulum berbagi (3) Implikasi dari kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan: Terbentuknya kesadaran siswa tentang nilai guna dari sampah, terbentuknya budaya bersih serta cinta lingkungan. Sedangkan, Implikasi dari kegiatan implementasi pendidikan karakter peduli sosial: rukun dengan teman, terbentuknya sikap dermawan serta peka dengan lingkungan sekitar (lingkungan sosial).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Lisa Uminurjanah |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 00:42 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 00:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27391 |
Actions (login required)
View Item |