Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember

Nurul, Sulis Tiani (2023) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember. Diploma thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
nurul sulis tiani.pdf

Download (15MB)

Abstract

Nurul Sulis Tiani, 2023, Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah As-Shofa Jubung Sukorambi Jember.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan
Suatu lembaga pendidikan tidak akan berkembang dengan baik jika kepemimpinannya kurang diperhatikan. Kepemimpinan yang sangat efektif akan sangat membantu keberhasilan suatu madrasah. Keberhasilan suatu madrasah memerlukan seseorang yang mampu dan handal dalam memimpin sebuah madrasah. Seseorang inilah yang disebut pemimpin pendidikan atau dalam suatu lembaga pendidikan formal disebut kepala madrasah/ sekolah.
Penelitian ini mempunyai dua fokus penelitian, yaitu: (1) Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Akademik di MA As-Shofa Jubung Sukorambi Jember? (2) Bagaimana Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Non Akademik di MA As-Shofa Jubung Sukorambi Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan akademik dan non akademik di MA As-Shofa Jubung Sukorambi Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck atau pengecekan anggota.
Hasil dari penelitian yaitu a.) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan akademik di MA As-Shofa Jubung Sukorambi Jember menggunakan gaya kepemimpinan demokratis, dalam peningkatan mutu pendidikan akademik kepala madrasah melalukan beberapa hal diantaranya, 1) pertama diawali dengan rencana strategis yang rasional dan dilaksanakan secara tim 2) kepala madrasah melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran 3) melakukan pendekatan personal 4) Menyusun perencanaan madrasah dengan melibatkan stakeholder madrasah dan menjalin koordinasi dalam melaksanakan kegiatan yang telah ditetapkan sebagai program madrasah 5) program unggulan dengan adanya program ini maka dapat menunjang peserta didik untuk terus berkarya dan menghasilkan prestasi. Seperti micro teaching dan pembuatan paper b.) Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan non akademik MA As-Shofa Jubung Sukorambi Jember adalah tetap demokratis, tentunya dalam hal non akademik ini dilakukan strategi yang berbeda. Kepala madrasah dalam peningkatan mutu non akademik melakukan strategi berupaya untuk selalu peningkatan fungsi pengawasannya, melakukan evaluasi terhadap kegiatan, mendukung kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rapat yang baik terjadwal maupun tidak terjadwal, dan menjalankan tanggungjawabnya bersama-sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Sulis Tiani
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:20
Last Modified: 14 Jul 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27393

Actions (login required)

View Item View Item