Strategi Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023

Anggraeni, Vera (2023) Strategi Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AKHIR VERA ANGGRAENI new.pdf

Download (3MB)

Abstract

Vera Anggraeni, 2023, Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Madrasah Tsnawiyah Ibrahimy Kabupaten Banyuwangi Tahun pelajaran 2023, Dosen Pembimbing: Nuruddin
Kata Kunci: Strategi, Madrasah, Peserta didik
Strategi Madrasah merupakan metode dan pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan strateginya. Apabila Madrasah yang mempunyai mutu pendidikan yang baik dan Madrasah mempunyai karakteristik pendidikan yang bagus, akan mempermudah untuk merekrut peserta didik baru
Fokus dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana strategi interen Madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik Di Madrasah Tsnawiyah. Ibrahimy Banyuwangi?, 2) Bagaimana strategi eksteren dalam meningkatkan jumlah peserta didik Di Madrasah Tsnawiyah Ibrahimy Banyuwangi?, 3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi Madrasah Tsnawiyah Ibrahimy dalam melaksanakan Srategi Meningkatkan Jumlah Peserta Didik?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui strategi Interen Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah. Ibrahimy Banyuwangi, 2) untuk mengetahui Strategi Eksteren Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah. Ibrahimy Banyuwangi, 3) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy dalam melaksanakan Srategi Meningkatkan Jumlah Peserta Didik.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, subjek penelitian menggunakan purposive, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Strategi intern Madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy Kabupaten banyuwangi meliputi, a) meningkatkan kualitas peserta didik melalui penciptaan suasana belajar yang menyenangkan, penguasaan IPTEK serta penerapan nilai-nilai Islam. b) Memperbaiki sarana prasarana meliputi renovasi ruangan, pengecatan ruangan, dan pembuatan taman. c) Kerjasama antar tenaga pendidik dan Kepala Madrasah dengan menjadi teamwork yang baik untuk melaksanakan program dan mengembangkan potensi peserta didik. 2) Strategi ekstern Madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy yaitu a) Memanfaatkan Sosial Media, b) Pembuatan spanduk dan brosur, dan c) melakukan sosialisasi dengan perangkat pemerintah sekitar. 3) Kendala Madrasah dalam meningkatkan jumlah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Ibrahimy yaitu 1) madrasah mengalami kesulitan karena adanya masyarakat yang kurang merespon terkait strategi Madrasah, 2) Persaingan yang ketat antar lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Vera Anggraeni
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:16
Last Modified: 14 Jul 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27395

Actions (login required)

View Item View Item