Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Pelajar Pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember

resi, wulandari (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Pelajar Pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, uin kiai achmad siddiq jember.

[img] Text
betul download(1) (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Resi Wulandari, 2022. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Pelajar Pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember
Kata kunci: peran guru Pendidikan Agama Islam, karakter Pelajar Pancasila
Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter pelajar pancasila sesuai dengan indikator profil pelajar pancasila akan membentuk siswa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila. Peran guru Pendidikan Agama Islam sangat penting, karena selain guru berhadapan langsung dengan siswa, guru juga berinteraksi banyak dengan siswa.
Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter pelajar pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember 2) Bagaimana metode guru pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter pelajar pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember 3) Bagaimana faktor penghambat/pendukung bagi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter pelajar pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember
Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus dan pemilihan subjek ini menggunakan purposive dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Peran guru pendidikan agama islam di SMPN 02 Mumbulsari Jember ialah a). Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Demonstrator b). Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator. Adapun nilai-nilai profil pelajar pancasila yang ditanamkan ada 6 yaitu : a) Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia b) Berkebhinekaan Global c) Bergotong royong d) Mandiri e) Bernalar kritis f) Kreatif 2) metode yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam membentuk karakter pelajar pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember ialah: memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, memberikan nasihat, pembiasaan-pembiasaan seperti sholat dhuha, memberikan hukuman bagi siswa yang melanggar dan hadiah bagi siswa yang berprestasi. 3) faktor penghambat/pendukung bagi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan karakter pelajar pancasila di SMPN 02 Mumbulsari Jember yaitu: kurang tanggapnya wali murid saat ada pemanggilan dari sekolah, penyalahgunaan media sosial dan faktor lingkungan dari luar sekolah, adapun faktor pendukung bagi guru pendidikan agama islam ialah sarana dan prasarana yang memadai, kerjasama antara guru dengan wali murid serta dukungan dan motivasi dari orang tua siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Mrs Resi Wulandari
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:13
Last Modified: 14 Jul 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27396

Actions (login required)

View Item View Item