IMPLEMENTASI METODE QUR'ANI SIDOGIRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPQ NURUL HIKMAH KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO

Nuril, Farhanah (2023) IMPLEMENTASI METODE QUR'ANI SIDOGIRI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPQ NURUL HIKMAH KECAMATAN MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NURIL FARHANAH PUTRI T20171022-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nuril Farhanah Putri, 2023: Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dalam Pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Hikmah Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Kata Kunci: Metode Qur’ani Sidogiri, Pembelajaran Al-Qur’an.

Pembelajaran Al-Qur’an merupakan serangkaian usaha yang dilakukan dalam rangka mempermudah dalam proses mempelajari Al-Qur’an. Pada pelaksanaanyaa suatu pembelajaran tentunya diperlukan adanya metode untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Seiring dengan berkembangnya zaman banyak bermunculan metode pembelajaran Al-Qur’an salah satunya ialah Metode Qur’ani Sidogiri.
Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dalam Pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Hikmah Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dalam Pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Hikmah Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaiamana Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dalam Pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Hikmah Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, 2) untuk mendeskripsikan Apa sja faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dalam Pembelajaran Al-Quran di TPQ Nurul Hikmah Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.
Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) TPQ Nurul Hikmah Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo menggunakan Metode Qur’ani Sidogiri sejak tahun 2016 adapun pelaksanaannya terdiri dari kegiatan pembukaan, klasikal, privat, dan penutup. 2) Fator pendukung implementasi Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) diantaranya : sistem sudah terstruktur dari pusat, Ustadz/Ustadzah yang sudah memilki sertifikat pelatihan Metode Qur’ani Sidogiri (MQS) dan sudah bersyahadah Metode Qur’ani Sidogiri (MQS), memiliki ciri khas menggunakan lagu-lagu dalam menyampaikan materi sehingga memudahkan santri dalam memahami dan dapat memperbagus bacaan santri, santri yang aktif, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kemampuan IQ santri, kurangnya tenaga pengajar, waktu KBM yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Depositing User: Ms Nuril farhanah T20171027
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:42
Last Modified: 17 Jul 2023 00:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27398

Actions (login required)

View Item View Item