KONSEP TEOLOGI KELOMPOK HASYASYIN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP DUNIA POLITIK ISLAM PADA TAHUN 1090-1273 M

Laksono, Imam Pujo (2023) KONSEP TEOLOGI KELOMPOK HASYASYIN DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP DUNIA POLITIK ISLAM PADA TAHUN 1090-1273 M. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI IMAM PUJO LAKSONO .pdf

Download (2MB)

Abstract

Kelompok Hasyasyyin muncul sebagai sebuah gerakan dakwah dan politik dengan paham aliran Syiah Ismailiyah. Didirikan oleh Hassan I Sabbah sebagai sebuah gerakan theologi revolusioner, Hasyasyin juga bergerak dalam bidang politik dengan melakukan pembunuhan, propaganda dan aksi teror. Metode politik yang digunakan Hasyasyin dikategorikan sebagai tindakan radikal, dengan menggunakan pembunuhan menargetkan para raja, pangeran dan pembesar yang bersebrangan paham dengannya.
Fokus kajian dalam penelitian ini terletak pada : 1). Munculnya Hasyasyin sebagai gerakan kelompok radikal underground. 2). Konsep Teologi ajaran kelompok Hasyasyin. 3). Pengaruh kemunculan Hasyasyin terhadap dunia politik Islam tahun 1090-1273. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep Teologi ajaran kelompok Hasyasyin, memberikan analisis historis terhadap gerakan radikal yang dilakukan kelompok Hasyasyin, dan memaparkan kontribusi atau keterlibatan Hasyasyin terhadap dunia politik Islam pada tahun 1090-1273.
Penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan studi kepustakaan. Data yang diambil dari sumber tertulis berupa buku, artikel, ensiklopedia, dan sumber tertulis lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang melalui beberapa tahapan seperti : Heuristik (pengumpulan data), Verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran), dan Historiografi (penulisan sejarah). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan Teologi dan politik, teori yang digunakan teori teologi Islam milik Al-Ghazali, teori terorisme Noorhadi Hasan dan teori political movement Miriam Budiarjo.
Berdasarkan fokus kajian diatas, penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1). Munculnya kelompok Hasyasyin sebagai sebuah gerakan radikal dilatar belakangi oleh pergesekan politik, sehingga Hasyasyin bertujuan mengubah sistem tatanan politik yang ada. 2). Konsep teologi kelompok Hasyasyyin mengadopsi dasar ajaran aliran Syiah Ismailiyah lalu merekontruksi ajaran tersebut sebagai ajaran baru Hassan, yang didalamnya berisi beberapa pembaharuan diantaranya : Ta‟limiyah, pembaharuan imamah, dua dimensi ajaran Islam dan Ta‟wil, Fatwa Al-mahdi Sebagai Imam Ketujuh, Ajaran Taqiyyah. 3) Dampak dari pergerakan yang dilakukan oleh kelompok Hasyasyin dari tahun 1090 M hingga tahun 1273 M dalam dunia politik Islam, meliputi berbagai aksi diantaranya : pembunuhan yang dilakukan Hasyasyin/Assassin terhadap tokoh besar Islam, keterlibatan Hasyasyin dalam peperangan Pasukan Salib, dan Hasyasyin/Assassin juga menjadi salah satu pemicu datangnya Invasi Mongol.
Kata Kunci : Sejarah, Teologi, Hasyasyin, Politik, Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Mr Imam Pujo Laksono
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:30
Last Modified: 14 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27399

Actions (login required)

View Item View Item