Perempuan dalam media massa: Analisis framing terhadap iklan pompa air Shimizu

Wahyudi, Hendra (2015) Perempuan dalam media massa: Analisis framing terhadap iklan pompa air Shimizu. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img]
Preview
Text
Hendra Wahyudi_NIM.082101027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perempuan dan media massa memang tidak bisa dipisahkan. Dalam iklan, tubuh perempuan seringkali dijadikan daya tarik bagi khalayak umum. Mulai dari iklan shampoo, mobil, handphone, alat rumah tangga dan sebagainya. Tidak bisa dipungkiri, sosok perempuan memang memiliki daya tarik tersendiri, dengan kemolekan tubuh, kecantikan dan suaranya yang merdu bisa membuat khalayak ingin berlama-lama menikmati tayangan atau iklan yang dilihatnya. Salah satu iklan yang diperankan oleh seorang perempuan adalah iklan Shimizu. Dalam iklan tersebut, ditampilkan seorang perempuan merasa tidak puas dengan kondisi pompa air dirumahnya yang tidak mancur. Namun dalam iklan tersebut, terdapat beberapa scene yang sebenarnya jauh dari hal yang berhubungan dengan pompa air. Diantaranya, tempat pengambilan gambar didalam kamar dengan pasangan suami istri memakai baju tidur, kemudian sebuah toko obat kuat yang secara tiba-tiba berkata “gak mancuuur neng?”. Hal itu menunjukkan beberapa kontroversi dalam iklan tersebut. Maka dari itu, akan menarik jika dilakukan penelitian secara mendalam terhadap iklan tersebut. Untuk melakukan sebuah penelitian terhadap iklan Shimizu, maka peneliti merumuskan masalah yang akan diteliti. Yaitu, bagaimana media massa mengkonstruksi perempuan dalam iklan pompa air Shimizu?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana media massa memanfaatkan perempuan dalam iklan. Konstruk yang dibangun dalam iklan dengan model seorang perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki. Adapun perangkat framingnya adalah struktur skrip, sintaksis, retoris dan tematik. Data primer dari penelitian ini adalah video iklan pompa Air dari Shimizu yang kemudian dipotong-potong menjadi gambar. Sedangkan data sekunder dari penelitian ini dapat berupa buku, jurnal, artikel, dan sebagainya yang berkaitan dengan periklanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada umumnya perempuan diberikan ruang yang besar dalam dunia periklanan. Namun dalam prakteknya, model perempuan hanya dimanfaatkan untuk dieksploitasi kemolekan tubuhnya. Etika tidak lagi menjadi sebuah hambatan bagi para pembuat iklan. Semua itu karena yang menjadi target utama dari para pembuat iklan untuk tujuan komersial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: perempuan, media massa
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Haryono Raiman
Date Deposited: 19 Mar 2019 03:02
Last Modified: 20 Mar 2019 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item