Penerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 MI Al-Azhar Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Moch Riyan, Firdaus (2023) Penerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 MI Al-Azhar Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq jember.

[img] Text
MOCH RIYAN FIRDAUS_T20184090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci:Metode, bermain peran
Konteks penelitian dalam penelitian ini adalahMetode bermain peranadalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaranmelaluipengembanganimajinasidanpenghayatansiswa.Pengembanganimajinasi danpenghayatan siswa dilakukan oleh siswa dengan memerankantokoh hidup ataubenda mati. Permainan dalam metode ini pada umumnya dilakukan berkelompok, tetapi hal initergantungapayangdiperankan menyesuaikan sesuai materi pada saat pelajaran berlangung.
metode bermain peran dijadikan sebagai metode pembelajaran terpilih yang dapat membantu guru dalam penerapan penyampaian materi dan juga dapat membantu peserta didik lebih mudah dalam memahami sebuah materi yang di jelaskan oleh guru.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana perencanaanPenerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 MI Al-Azhar Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? (2) bagaimana pelaksanaanPenerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 MI Al-Azhar Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? (3) bagaimana evaluasiPenerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 MI Al-Azhar Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari Penerapan Metode Bermain Peran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas 5 MI Al-Azhar Kecamatan Ajung Kabupaten Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang objeknya mengenai gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat. Subjek penelitian ini adalah purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif interaktif Milles Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik
Temuan dari penelitian ini adalah (1)perencanaan metode bermain peran(a)perencanaan oleh guru (b) pembuatan RPP (2) pelaksanaan metode bermain peran (a) membentuk kelompok (sesuai materi atau tema hari ini) (b)guru memberikan wacana (c)peserta didik berdiskusi(d) siswa maju di depan kelas memerankan materi hari ini dengan bermain peran(e) guru dan peserta didik menyaksikan kelompok yang maju di depan kelas lalu membuat kesimpulan bersama (f) penutup (3) evaluasi metode bermain peran. Pada evaluasi metode bermain peranmenunjukkan bahwa penerapan metode bermain peransesuai dengan pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms Moch Riyan
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:35
Last Modified: 14 Jul 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27400

Actions (login required)

View Item View Item