Rahmawati, Dewi (2023) PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA KELAS VIII MTsN 2 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
SKRIPSI DEWI REVISI watermark (2)-1.pdf Download (35MB) |
Abstract
Dewi Rahmawati, 2023 : Pengaruh Media Game Edukasi Monopoli Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Kelas VIII MTsN 2 Bondowoso
Kata Kunci : Pengaruh, Game Monopoly, Hasil Belajar
Bermula hasil wawancara peneliti bersama salah satu guru IPA MTsN 2
Bondowoso, siswa masih kesukaran dalam menguasai materi cahaya. Beberapa
kendala yang menyebabkan hal tersebut, selaras dengan hasil analisis masalah.
Kendala pertama adalah 73,3% siswa menganggap materi cahaya, pelajaran yang
sulit alasannya karena siswa kesulitan dalam menganalisis sifat-sifat cahaya, dan
sulit dalam menentukan bayangan cermin. Kendala berikutnya adalah 53,3%
siswa menganggap guru menggunakan media yang membosankan. Media yang
digunakan guru untuk menyampaikan bahan ajar cahaya yakni buku paket, LKS,
serta guru juga menayangkan video pembelajaran akan tetapi hal itu tidak
membuat siswa antusias dalam aktivitas pembelajaran.
Rumusan masalah yang diangkat oleh peneliti adalah 1) Apakah ada
pengaruh penggunaan media game edukasi monopoli terhadap hasil belajar siswa
kelas VIII MTsN 2 Bondowoso pada materi cahaya? 2) Apa faktor pendukung
dan penghambat dari penggunaan media game edukasi monopoli?
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan pengaruh media game
edukasi monopoli terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Bondowoso
pada materi cahaya. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
penggunaan media game edukasi monopoli.
Peneliti memakai jenis penelitian Quasi Eksperimental dan menggunakan
nonequivalent posttest-only control group design. Teknik yang digunakan yakni
tes.
Hasil T-hitung 6,891 > T-tabel 1,672 menunjukkan bahwa pemanfaatan
media permainan edukasi monopoli pada materi cahaya berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Bondowoso. Fasilitas yang
lengkap dan siswa yang aktif serta mudah dikondisikan mendukung penggunaan
media pembelajaran. Waktu yang terkadang terpakai untuk mata pelajaran lain
menjadi faktor penghambat siswa dalam menggunakan media pembelajaran.
Siswa yang sedikit rame saat bermain game monopoli membuat kelas lain
terganggu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0205 Optical Physics > 020501 Classical and Physical Optics |
Depositing User: | Mis Dewi Rahmawati |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:15 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27403 |
Actions (login required)
View Item |