Problematika Pengembangan Soal Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di SMK 01 Diponegoro Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023

Hoirul Iman, Moch Agung (2023) Problematika Pengembangan Soal Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di SMK 01 Diponegoro Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch Agung Hoirul Iman_T20191229.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch Agung Hoirul Iman, 2023: Problematika Pengembangan Soal Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di SMK 01 Diponegoro Wuluhan Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci : Problematika, Soal HOTS, Guru Pendidikan Agama Islam
HOTS (High Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan kemampuan siswa dalam menghubungkan, memanipulasi, dan merubah pengetahuan serta pengalaman yang dimiliki untuk berpikir secara kritis dan kreatif dalam menentukan keputusan dan memecahkan masalah pada kondisi tertentu. Namun berbagai hasil penelitian seperti PISA (Programme For International Student Assessment) dan Bank Dunia (World Bank) menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, setiap guru perlu menerapkan proses pembelajaran dan evaluasi berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebagai bentuk penerapan kurikulum 2013.
Namun dalam pelaksanaannya, guru seringkali mengalami problematika. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat judul problematika pengembangan soal berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMK 01 Diponegoro Wuluhan tahun pelajaran 2022/2023. Fokus penelitian meliputi: 1) Bagaimana proses pengembangan soal berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK 01 Diponegoro Wuluhan tahun pelajaran 2022/2023 ?, 2) Bagaimana problematika guru pendidikan agama islam dalam pengembangan soal berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) di SMK 01 Diponegoro Wuluhan tahun pelajaran 2022/2023 ?
Tujuan penelitian meliputi : 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan soal-soal mata pelajaran pendidikan agama islam berbasis HOTS (High Order Thinking Skill), 2) untuk mendeskripsikan berbagai problematika guru dalam pengembangan soal-soal mata pelajaran pendidikan agama islam berbasis HOTS (High Order Thinking Skill. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif pasif, wawancara semi struktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Pengembangan soal HOTS dimulai dengan analisis kompetensi dasar, menyusun kisi-kisi soal, membuat stimulus yang menarik dan kontekstual, menulis butir pertanyaan, membuat pedoman penskoran dan kunci Jawaban. Langkah tersebut diikuti Bapak Faidhol. Namun, Ibu Nailul memiliki perbedaan dengan tidak menyusun kisi-kisi sehingga soal dibuat berdasarkan pertimbangan materi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Agung Hoirul Iman
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:35
Last Modified: 14 Jul 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27405

Actions (login required)

View Item View Item