Penerapan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Sofi wida, Al aluf (2023) Penerapan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin kiai achmad siddiq jember.

[img] Text
SOFI WIDA AL ALUF_T20181086.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SOFI WIDA AL ALUF_T20181086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah suatu kegiatan pendidikan yang dilakukan di sekolah dan dilaksanakan di luar jam pembelajaran, Kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang dilakukan di Madrasah Stanawiyah Negeri 5 Banyuwangi ini dilaksanakannya sesuai pada jam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an yang diadakan dalam seminggu tiga kali. Kegiatan dimulai pukul 06.45- 07.30 WIB, sebelum kegiatan dimulai membaca surat Al-Fatihah dan do’a pembuka bersama.
Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?, (2) apa faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Stanawiyah Negeri 5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan kegaiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Stanawiyah Negeri 5 Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dari Milles, Huberman, dan Saldana berikut langkah-langkah dari Milles, Huberman, dan Saldana diantaranya kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) penerapan kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Stanawiyah Negeri 5 Banyuwangi bertujuan agar siswa mempunyai semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menjadi lancar dan benar, kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an di laksanakan tiga kali dalam seminggu yaitu pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis, bagi siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an maka akan ada kelas khusus yaitu, kelas Yanbu’a, kelas tahfidz, dan kelas reguler. Sebelum kegiatan dimulai siswa di wajibkan membaca surat Al-fatihah dan membaca do’a pembuka bersama-sama, di lanjutkan klasikal bersama-sama, kemudian guru pembimbing menerangkan materi yang akan di bahas, dan siswa akan mempraktikkan membaca ayat Al-Qur’an, terakhir siswa akan membaca do’a penutup secara bersama-sama. (2) faktor pendukung dan penghambat pada kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Stanawiyah Negeri 5 Banyuwangi adalah sebagai berikut: faktor pendukungnya adalah adanya alokasi waktu yang diberikan oleh Madrasah, fasilitas yang mendukung, media peraga yang dapat dipindah-pindah dan diulang-ulang untuk kegiatan. Namun dari kegiatan ekstrakurikuler baca tulis Al-Qur’an adalah kurangnya dana untuk menambah guru pembimbing, guru yang datang terlambat mengakibatkan tersitanya waktu yang diberikan, kurangnya motivasi dari guru Madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
Depositing User: Sofi Wida Al Aluf
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:39
Last Modified: 14 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27411

Actions (login required)

View Item View Item