IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH ONLINE DALAM MEMBANGUN FONDASI KELUARGA SAKINAH DI KUA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

Ulfa, Al Nurdiah (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM BIMBINGAN PERKAWINAN PRANIKAH ONLINE DALAM MEMBANGUN FONDASI KELUARGA SAKINAH DI KUA KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AL NURDIAH ULFA_S20161068.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Al Nurdiah Ulfa, 2023 : Implementasi Program Bimbingan Perkawinan Pranikah Online Dalam Membangun Fondasi Keluarga Sakinah Di KUA Kecamatan Sumbersari.
Kata kunci: Bimbingan perkawinan pranikah, keluarga sakinah, KUA Kec. Sumbersari.
Fenomena pandemi covid-19 memberikan terobosan baru terkait bimbingan perkawinan pranikah bagi KUA Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Terobosan tersebut berkaitan dengan pelaksanaan yang dilakukan secara online melalui Google Form yang mana pelaksanaan bimbingan ini memberikan kemudahan beraktifitas melalui teknologi dan internet. Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pengkajian terkait dengan implementasi bimbingan perkawinan secara online yang mana tentu terdapat kendala yang dialami oleh KUA Kecamatan Sumbersari dan calon pengantin dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah online ini.
Fokus penelitian antara lain : 1) Bagaimanakah implementasi program bimbingan perkawinan pranikah online dalam membangun fondasi keluarga sakinah di KUA Kecamatan Sumbersari? 2) Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program bimbingan perkawinan pranikah online di KUA Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian ini 1) Guna mengidentifikasi implementasi program bimbingan perkawinan pranikah online dalam membangun fondasi keluarga sakinah di KUA Kecamatan Sumbersari. 2) Guna mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program bimbingan perkawinan pranikah online di KUA Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.
Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif analisis dengan mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi guna mengetahui bagaimana unsur serta tahapan bimbingan perkawinan pranikah dalam membangun fondasi keluarga sakinah.
Peneliti menyimpulkan hasil penelitian bahwa tujuan dalam pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah online pada tahun 2020-2022 sesuai dengan peraturan yang ada. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat unsur-unsur yang tidak sesuai dengan pedoman pelaksanaan bimbingan perkawinan pranikah. Adapun pelaksanaannya didukung oleh faktor sumber daya manusia serta fasilitas yang memadai. Selain itu faktor penghambat dalam pelaksanaannya yakni adanya miskomunikasi antara KUA dengan calon pengantin serta kurang disiplinnya peserta dalam proses bimbingan perkawinan pranikah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Female AL NURDIAH ULFA
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:39
Last Modified: 14 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27413

Actions (login required)

View Item View Item