Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Bab Bilangan Berdasarkan Kemampuan Kognitif Sisw Kelas VII Di SMP Negeri 6 Jember

Eka Wardani, Sulusiya (2023) Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Bab Bilangan Berdasarkan Kemampuan Kognitif Sisw Kelas VII Di SMP Negeri 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq JEMBER.

[img] Text
Sulusiya_Eka_Wardani_T20197152.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan unsur penting dalam belajar matematika. Penguasaan terhadap banyak konsep, memungkinkan seseorang dapat memecahkan masalah dengan lebih baik, sebab untuk memecahkan masalah perlu aturan-aturan, dan aturan-aturan tersebut didasarkan pada konsep-konsep yang dimiliki. Konsep ialah ide abstrak yang memungkinkan seseorang untuk dapat mengelompokkan objek atau kejadian dan menerangkan apakah objek atau kejadian itu merupakan contoh atau bukan contoh dari ide tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII berkemampuan kognitif tinggi pada BAB bilangan di SMP Negeri 6 Jember. 2) Mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII berkemampuan kognitif sedang pada BAB bilangan di SMP Negeri 6 Jember. 3) Mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII berkemampuan kognitif rendah pada BAB bilangan di SMP Negeri 6 Jember.
Dalam penelitian ini banyaknya subjek yang menjadi subjek penelitian adalah tiga siswa dari 32 siswa di kelas VII B. Subjek ini didapatkan berdasarkan hasil observasi kurangnya pemahaman konsep matematis siswa dan rekomendasi dari guru matematika di SMP Negeri 6 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data : 1) Tes; 2) Wawancara; 3) Dokumentasi; dan 4) Lembar validasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu : 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Siswa yang mempunyai kemampuan kognitif tinggi, siswa tersebut mampu mengerjakan soal yang peneliti berikan. Siswa ini memenuhi semua indikator. 2) Siswa yang mempunyai kemampuan kognitif sedang, siswa tersebut mampu mengerjakan beberapa soal dari yang peneliti berikan. Hanya satu indikator saja yang tidak terpenuhi, yaitu memberikan contoh dan kontra contoh dari konsep yang dipelajari. 3) Siswa yang mempunyai kemampuan kognitif rendah, siswa tersebut dikatakan tidak bisa menjawab soal yang diberikan peneliti, namun ada beberapa indikator dapat dipenuhi, yaitu mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematis dan menerapkan konsep sacara algoritma
Kata kunci: pemahaman konsep matematis,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Sulusiya Eka Wardani
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:20
Last Modified: 14 Jul 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27423

Actions (login required)

View Item View Item