Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI Di SD NU At-taqwa Balunglor Tahun Ajaran 2022/2023

Muhammad, Muqorrobin (2023) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Tematik Kelas VI Di SD NU At-taqwa Balunglor Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
MuqorrobinT20184122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Perencanaan, Two Stay Two Stray, Tematik.
Konteks penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay Two Stray yang dijadikan sebagai model pembelajaran terpilih yang diyakini dapat membantu peserta didik untuk mengolah informasi yang didapat melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray
Fokus Penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa. 2) mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa. 3) mendeskripsikan evaluasi metode pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Kepala Sekolah dan para dewan guru melakukan musyawarah tentang tujuan, langkah dan alokasi waktu juga standart penilaian, Hal-hal lain yang dipersiapkan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, fasilitas atau media yang akan digunakan dan materi. 2) Pelaksanaan model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Pelaksaan model ini meliputi kegiatan awal yaitu salam, kemudian membagi kelompok, membagikan materi atau sub pokok pemahasan, kemudian mengerjakan seperti model pembelajaran two stay two stray, setelah selesai guru menutup kegiatan belajar. 3) Evaluasi model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik kelas VI di SD NU At-Taqwa Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa evaluasi model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran tematik berbentuk pengerjaan mencari dan memecahkan permasalahan sesuai materi. Evaluasi yang kedua yakni melalui ujian tertulis seperti ujian semester atau tengah semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Muhammad Muqorrobin Muhammad Muqorrobin
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:53
Last Modified: 14 Jul 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27424

Actions (login required)

View Item View Item