Pengembangan Media Pembelajaran E-poster Berbasis Canva Pada Materi Kalor Kelas VII SMP/MTs

Aziza, Nurul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-poster Berbasis Canva Pada Materi Kalor Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurul Aziza, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran E-poster Berbasis Canva Pada Materi Kalor Kelas VII SMP/MTs.
Kata kunci: Pengembangan Media, E-poster Berbasis Canva, Materi Kalor
Berdasarkan temuan di MTs Negeri 9 Banyuwangi, yaitu belum tersedianya media pembelajaran untuk materi kalor dan kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran yang menarik. Materi kalor bersifat asbtrak dan konseptual sehingga perlu dikembangkan berupa media e-poster berbasis canva ini untuk membantu menvisualisasikan dalam bentuk gambar yang akan memudahkan siswa memahami materi dan dimanfaatkan untuk belajar mandiri.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimana hasil validasi dari pengembangan e-poster berbasis canva pada materi kalor kelas VII SMP/MTs. (2) Bagaimana respons siswa terhadap e-poster berbasis canva pada materi kalor kelas VII SMP/MTs.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini, yaitu (1) Mengetahui hasil validasi dari pengembangan e-poster berbasis canva pada materi kalor kelas VII SMP/MTs. (2) Mengetahui respons siswa terhadap e-poster berbasis canva pada materi kalor kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Reseach and Devolepment). Peneliti menggunakan model penelitian 4D Thiagarajan yang memiliki empat tahapan yaitu (Define, Design, Develop, Disseminate). Pengumpulan hasil data yang diperoleh peneliti yaitu menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara dan lembar angket analisis kebutuhan siswa, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi praktisi (guru), dan angket respons siswa untuk dilaksanakan uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa dan skala besar sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dilaksanakan memperoleh:
Media e-poster mendapat nilai kevalidan dari ahli materi sebesar 94%, sedangkan oleh ahli media sebesar 90%, serta 86% merupakan hasil dari validasi praktisi (guru). Jumlah presentase rata-rata yang berasal dari ketiga validator sebesar 89% yang artinya dikategorikan sangat valid.
Media e-poster berbasis canva mendapat hasil sebesar 99% pada uji respons skala kecil yang dilaksanakan pada siswa 6 siswa, sedangkan hasil uji respons skala besar yang dilakukan pada 18 siswa sebesar 97%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran e-poster berbasis canva pada materi kalor termasuk pada kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029902 Complex Physical Systems
Depositing User: Nurul Aziza
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:47
Last Modified: 14 Jul 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item View Item