Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika di SMPN 3 Bondowoso

Dian Fitria, Lutfitha (2023) Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika di SMPN 3 Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFITHA DIAN FITRIA_T20197128.pdf

Download (8MB)

Abstract

Lutfitha Dian Fitria, 2023: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII
pada Materi Statistika ditinjau Berdasarkan Perbedaan Gender dan Kemampuan
Matematika di SMPN 3 Bondowoso.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif matematis, Gender, Kemampuan
matematika
Dalam proses pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat mempunyai
kemampuan dalam berpikir dengan logis, kritis, sistematis, analitis, serta kreatif serta
mampu untuk saling bekerja sama. Dan salah satu yang penting untuk dikembangkan
pada saat di sekolah adalah berpikir kreatif. Salah satu aspek yang memiliki pengaruh
terhadap cara berpikir kreatif siswa adalah gender. Perbedaan kemampuan
matematika juga memungkinkan terjadinya perbedaan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa pada penelitian ini.
Fokus penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif
matematis siswa pada materi statistika berdasarkan perbedaan gender dan
kemampuan matematika di SMPN 3 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu; tes kemampuan berpikir kreatif
matematis, wawancara dan dokumentasi nilai kemampuan matematika siswa. Subjek
dalam penelitian ini menggunakan 6 subjek dan pemilihan subjek berdasarkan
metode purposive. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Siswa laki-laki dengan kemampuan
matematika tinggi, memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis level
kurang kreatif. Sebab tidak dapat memenuhi indikator flexibility dan originality. 2)
Siswa laki-laki dengan kemampuan matematika sedang, memiliki tingkat
kemampuan berpikir kreatif matematis level kurang kreatif. Sebab hanya memenuhi
indikator fluency. 3) Siswa laki-laki dengan kemampuan matematika rendah,
memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis level tidak kreatif. Sebab
tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. 4)
Siswa perempuan dengan kemampuan matematika tinggi, memiliki tingkat
kemampuan berpikir kreatif matematis level sangat kreatif. Sebab dapat memenuhi
ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yakni fluency, flexibility, dan
originality. 5) Siswa perempuan dengan kemampuan matematika sedang, memiliki
tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis level kurang kreatif. Sebab hanya
memenuhi indikator fluency. 6) Siswa perempuan dengan kemampuan matematika
rendah, memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis level tidak kreatif.
Sebab tidak dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Lutfitha Dian Fitria
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:19
Last Modified: 14 Jul 2023 08:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27428

Actions (login required)

View Item View Item