Implementasi Metode Joyfull Learning Pada Pembelajaran Ilmu Tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Bustanul Ulum Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember

Milayadi, Shafiyyah (2021) Implementasi Metode Joyfull Learning Pada Pembelajaran Ilmu Tajwid di Taman Pendidikan Al-Qur'an Bustanul Ulum Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shafiyyah Milayadi_T20191096.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Joyfull Learning, Pembelajaran Ilmu Tajwid, TPA Bustanul Ulum
Santri seringkali menghadapi kesulitan dalam mempelajari ilmu tajwid karena gaya belajar mereka tidak selaras dengan metode yang digunakan oleh pengajar. Maka dari itu, pengajar perlu mengajar dengan menggunakan metode yang dapat mengakomodasi berbagai gaya belajar. Salah satu metode yang perlu diterapkan dalam proses belajar mengajar adalah joyfull learning. Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi metode joyfull learning pada
pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi faktor penghambat implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Lokasi penelitian ini terletak di TPA Bustanul Ulum Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Adapun teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data condensation, data display dan verification.Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1) Implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum dengan cara mengkolaborasikan antara pembelajaran dengan hiburan yaitu menjelaskan materi
ilmu tajwid melalui lagu dan permainan. (2) Faktor pendukung dalam implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum adalah semangat dan antusias santri sehingga pengajar termotivasi
untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Sedangkan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum adalah faktor variasi usia santri dan
ketidakhadiran santri yang mengakibatkan mereka tertinggal dalam materi yang telah dijelaskan. (3) Solusi dalam mengatasi faktor penghambat implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran ilmu tajwid di TPA Bustanul Ulum yakni dengan menyediakan waktu khusus untuk memberikan penjelasan ulang kepada santri yang tidak hadir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Shafiyyah Milayadi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:47
Last Modified: 17 Jul 2023 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27429

Actions (login required)

View Item View Item