Usaha Kemandirian Untuk Amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember pada Masa COVID_19

Hidayat, Rahmat (2023) Usaha Kemandirian Untuk Amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember pada Masa COVID_19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
REvisii Skripsi Rahmat Hidayat wtr (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmat Hidayat, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I,.M.Si, 2022:Usaha Kemandirian untuk Amil di Lembaga Zakat Nasional Nurul Hayat Jember pada Masa Pandemi Covid-19

Pegawai dalam lembaga amil zakat disebut amil. Pegawai lembaga amil zakat sesuai dengan kaidah agama Islam boleh menerima sebagian dari dana zakat yang disalurkan. Besaran upah yang dapat diterima oleh seorang amil adalah 1/8 dari zakat yang terkumpul sekitar 12,5 persen. LAZNAS Nurul Hayat Jember memiliki usaha kemandirian tersendiri yang dapat memberdayakan amil yang berbeda dengan lembaga yang lain, sehingga yang menjadi keunikan tersendiri dari lembaga tersebut yakni gaji karyawan tidak mengambil dari dana zakat melainkan dari laba usaha kemandirian tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana porsi mustahik bagi amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember?, 2. Apa saja usaha kemandirian untuk amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember?, 3. Apakah usaha-usaha kemandirian Amil tersebut dapat mensejahterakan Amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember?.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk menganalisis Bagaimana porsi mustahiq bagi amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember. 2. Untuk menganalisis usaha kemandirian untuk amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember. 3. Untuk menganalisis usaha-usaha kemandirian Amil tersebut dapat mensejahterakan Amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan, 1. LAZNAS Nurul Hayat memiliki keunikan tersendiri yakni gaji karyawan (amil) tidak mengambil dari dana zakat. Dengan maksud porsi mustahik bagi amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember tidak dihitung dari banyaknya zakat yang diperoleh, melainkan keuntungan dari usaha kemandirian yang diperoleh karna hal ini sesuai dengan Komitmen LAZNAS Nurul Hayat. 2. Usaha Kemandirian Untuk Amil Di LAZNAS Nurul Hayat Jember diantaranya yaitu Aqiqah Siap Saji dan Umroh. Namun semenjak pandemi covid-19 yang berjalan hannya Aqiqah Siap Saji. 3. Dengan adanya usaha kemandirian amil di LAZNAS Nurul Hayat Jember, hal ini memiliki manfaat tersendiri yakni salah satunya selalu berpikir kreatif, mengingat gaji karyawan (amil) tidak mengambil dari dana zakat melainkan dari laba usaha program kemandirian yakni aqiqoh siap saji. Selain itu rasa sejahtera mereka (amil) rasakan dikarenakan selain mendapatkan sesuatu yang bersifat duniawi (financial) dari hasil laba aqiqah siap saji, mereka (amil) juga mendapatkan amal kebaikan tersendiri (bersifat ukhrowi) dari hasil ZIS yang diperoleh 100% diserahkan kepada pihak yang membutuhkan.

Kata Kunci: Usaha, Kemandirian, Amil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Rahmat Hidayat
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:41
Last Modified: 14 Jul 2023 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27436

Actions (login required)

View Item View Item