PEMBACAAN SURAH PILIHAN DALAM TRADISI NGAPATI (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA DUKUH MENCEK KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER)

Faisal Abda'u, Achmad (2023) PEMBACAAN SURAH PILIHAN DALAM TRADISI NGAPATI (STUDI LIVING QUR’AN DI DESA DUKUH MENCEK KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Faisal Abda'u_U20181053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu tradisi yang telah diwariskan sejak lama yang ada di Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, adalah acara tradisi Ngapati. Bagi ibu hamil yang memasuki usia empat bulan kehamilannya, ada kebiasaan untuk memimpin arak-arakan sambil membacakan surah Yasin, Yusuf, Maryam, dan Luqman..
Penelitian ini dibatasi dengan dua fokus penelitian yaitu: 1). Bagaimanakah proses pelaksanaan pembacaan surah pilihan al-Qur’an dalam tradisi Ngapati di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember? 2). Bagaimanakah Pemahaman masyarakat terhadap tradisi Ngapati di Desa Dukuhmencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember?
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendokumentasikan dan menjelaskan bagaimana penduduk Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, memaknai tradisi Ngapati, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk wawancara, pengamatan, dan pencatatan tertulis, dalam mengumpulkan informasi untuk penelitian ini, yang diperoleh dari beberapa tokoh masyarakat Desa Dukuhmencek, dan juga dari orang-orang yang terlibat dalam pelaksanaan tradisi Ngapati (anggota masyarakat dan ibu-ibu yang sedang mengandung.Sedangkan pengecekkan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan Pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, tradisi ngapati memakan waktu sekitar tiga puluh menitan.Menggunakan dengan tahapan pembukaan dan tawassul kepada Rasulullah, salawat dan dilanjut dengan pembacaan surah pilihan al-Qur'an. Kedua, makna dibalik pembacaan surah pilihan al-Qur'an dalam tradisi ngapati ialah disebabkan oleh pemahaman mereka terhadap surah Yasin, Yusuf, Maryam, Luqman. Harapan mereka dengan adanya tradisi ngapati ialah agar mendapat keturunan yang salih dan salihah serta keselamatan ibunya.
Kata kunci :Ngapati, Living Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200202 Asian Cultural Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Men Achmad Faisal
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:51
Last Modified: 17 Jul 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item