PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS POTENSI LOKAL EKOWISATA PANTAI PAPUMA JEMBER PADA MATERI MOLLUSCA & INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X MIPA DI MA DARUS SHOLAH JEMBER

HUSNI, MUBAROK (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS POTENSI LOKAL EKOWISATA PANTAI PAPUMA JEMBER PADA MATERI MOLLUSCA & INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X MIPA DI MA DARUS SHOLAH JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Husni Mubarok T20188115 Tadris Biologi.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Husni Mubarok, 2023: Pengembangan Buku Saku Berbasis Potensi Lokal Ekowisata Pantai PAPUMA Jember pada Materi Mollusca dan Echinodermata untuk Siswa Kelas X MIPA MA Darus SholahJember.
Kata kunci:Buku Saku Mollusca dan Echinodermata, Potensi Lokal, Animalia.
Menurut Pendidik biologi kelas X MIPA MA Darus Sholah yakni Ibu Anis Azizah, mengatakan bahwa ketika kegiatan pembelajaran biologi, siswa kurang suka membaca buku paket yang berukuran besar, mereka cenderung suka dengan buku yang berukuran kecil dan bisa di bawa kemana-mana seperti buku saku yang digunakan untuk hafalan, Kemudian siswa cenderung menyukai bahan ajar yang di dalamnya terdapat gambar-gambar yang membuat siswa memiliki ketertarikan pada bahan ajar tersebut.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana Kevalidan Buku Saku, Bagaimana Respon Siswa, dan Bagaimana Keefektifan Buku Saku Berbasis Potensi Lokal Pantai Papuma Jember Pada Materi Mollusca & Echinodermata Untuk Siswa Kelas X MIPA di MA Darus Sholah Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan kevalidan produk, Mendeskripsikan respon siswa, Mendeskripsikan keefektifan produk hasil pengembangan berupa Buku Saku Berbasis Potensi Lokal Pantai Papuma Jember Pada Materi Mollusca & Echinodermata Untuk Siswa Kelas X MIPA di MA Darus Sholah Jember.
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yangdigunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu premilinary research,development or prototyphing phase, dan assessment phase. Populasi penelitian ini adalah siswakelas X MIPA MA Darus Sholah Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakanyaitu: angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Buku saku berbasis potensi lokal ekowisata pantai PAPUMA Jember pada materi mollusca dan echinodermata dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 90%, kevalidan oleh ahli media sebesar 95%, keavalidan oleh ahli bahasa sebesar 91% dan kevalidan oleh guru biologi sebesar 100%. (2) Hasil kepraktisan buku saku berbasis potensi lokal ekowisata pantai PAPUMA Jember pada materi mollusca dan echinodermata didapatkan nilai persentase sebesar 87,5% untuk uji skala kecil dan 91,25% untuk uji skala besar dengan kategori “sangat menarik”. (3) Hasil uji pretest dan posttest menggunakan uji t diperoleh nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan buku saku. Sehingga buku saku berbasis potensi lokal ekowisata pantai PAPUMA Jember pada materi mollusca dan echinodermata efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: HUSNI MUBAROK husni
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:48
Last Modified: 17 Jul 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27469

Actions (login required)

View Item View Item