IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS DARUL HIKMAH MUMBULSARI JEMBER

Nur, Aini (2023) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PROFETIK DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTS DARUL HIKMAH MUMBULSARI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.

[img] Text
NUR AINI_T20193176.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nur Aini, 2023: Implementasi Kepemimpinan Profetik dalam Meningkatkan Profesionalisme
Guru di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember
Kepemimpinan profetik merupakan suatu bentuk kepemimpinan yang terlahir dari istilah
ilmu sosial profetik di mana di dalamnya sangat menjunjung tinggi perubahan yg sesuai
dengan nilai Islam. Kepemimpinan profetik adalah sebuah bentuk kepemimpinan yang
menggabungkan antara kepemimpinan transformasional, visioner dan situasional.
Kepemimpinan ini merupakan sebuah bentuk kepemimpinan yang membawa misi kewahyuan
yang di bawa oleh para nabi dan rasul - Nya, yaitu misi humanisasi, liberalisasi, transendensi.
Penelitian ini memiliki 4 fokus: 1) Bagaimana implementasi kepemimpinan profetik
pada sifat Siddiq di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam meningkatkan
profesionalisme guru. 2) Bagaimana implementasi kepemimpinan profetik pada sifat amanah
di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam meningkatkan profesionalisme guru. 3)
Bagaimana implementasi kepemimpinan profetik pada sifat tabligh di MTs Darul Hikmah
Mumbulsari Jember dalam meningkatkan profesionalisme guru. 4) Bagaimana implementasi
kepemimpinan profetik pada sifat fatanah di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam
meningkatkan profesionalisme guru.
Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh 1) Untuk mendeskripsikan implementasi
kepemimpinan proftik pada sifat Siddiq di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam
meningkatkan profesionalisme guru. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan
profetik pada sifat amanah di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam meningkatkan
profesionalisme guru 3) Untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan profetik pada
sifat tabligh di MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam meningkatkan profesionalisme
guru. 4) Untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan profetik pada sifat fatanah di
MTs Darul Hikmah Mumbulsari Jember dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Metode yang diaplikasikan dalam skripsi ini metode penelitian kualitatif dengan jenis
studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik metode interaktif yang diadopsi
dari Miles Huberman. Analis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data
dan verifikasi.
Hasil penelitian ialah 1) implementasi dari kepemimpinan profetik sifat siddiq transparansi
dalam sela birokrasi yakni transparan terhadap anggaran kepada seluruh staf dan guru serta
wali murid dan pemberian contoh yang baik. 2) Implementasi dari kepemimpinan profetik
sifat amanah mampu melaksanakan tugas dengan akuntabel serta berdedikasi yang tinggi,
seperti program supervisi yang dibuat oleh kepala madrasah yang meliputi rencana
pelaksanaan supervisi akademik, jadwal serta rencana dan mengontrol kehadiran guru melalui
finger print. 3) Implementasi dari kepemimpinan profetik Tabligh, selalu menyampaikan
segala sesuatu yang berkaitan dengan peningkatan mutu madrasah. Yakni, dengan
membangun komunikasi yang komunikatif dan musyawarah. Seperti musyawarah dalam
menyusun penggunaan kurikulum serta membangun lingkungan kerja yang ideal melalui
hubungan persaudaraan. 4) Implementasi dari kepemimpinan profetik fatonah seperti tindakan
kepala madrasah dalam membangun emosional dan spiritual. Yakni dengan memberikan
dorongan dan nasihat.
Kata kunci; Kepemimpinan, Profetik, Profesionalisme Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Perpustakaan Nur Aini
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:51
Last Modified: 17 Jul 2023 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27474

Actions (login required)

View Item View Item