PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBINA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LATIFIYAH GLAGAHWERO KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Amilinda, Foni agustin (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MEMBINA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LATIFIYAH GLAGAHWERO KALISAT JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin khas Jember.

[img] Text
Skripsi melin siap WATERMARK.pdf

Download (21MB)

Abstract

Amilinda Foni Agustin, 2022: Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam
Membina Kompetensi Pedagogik Guru Di SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat
Jember.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Kompetensi Pedagogik
Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam membina kompetensi
pedagogik guru adalah suatu kegiatan pelayanan yang disediakan oleh pemimpin
untuk membantu guru-guru agar menjadi guru profesional yang kompeten sesuai
dengan bidang ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu pendidikan khususnya
agar mampu meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana peran Kepala
Sekolah sebagai supervisor dalam dalam membina kompetensi pedagogik guru di
SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember? 2) Bagaimana teknik-teknik Kepala
Sekolah sebagai supervisor dalam dalam membina kompetensi pedagogik guru di
SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember?
Tujuan Penelitian, 1) Untuk mendeskripsikan peran Kepala Sekolah
sebagai supervisor dalam dalam membina kompetensi pedagogik guru di SMK
Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember. 2) Untuk mendeskripsikan teknik-teknik
Kepala Sekolah sebagai supervisor dalam dalam membina kompetensi pedagogik
guru di SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Teknik
penentuan subyek penelitian menggunakan Teknik purposive. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan
analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penetian ini yaitu 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam
membina kompetensi pedagogik guru di SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat
Jember menjalankan perannya dengan melakukan beberapa tahapan yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan dan tindak lanjut. a) tahap perencanaan meliputi
kegiatan merencanakan supervisi pendidikan, mempersiapkan kegiatan supervisi
seperti menyusun instrument supervisi dan menyusun jadwal supervisi,
menyesuaikan supervisi tersebut dengan tujuan yang hendak dicapai dan
menjalankan kegiatan supervisi yang telah direncanakan. b) tahap pelaksanaan
supervsi dimana kegiatan di dalamya yaitu melaksanakan kegiatan supervisi yang
sudah direncanakan dengan memakai teknik individual maupun teknik kelompok.
c) tahap tindak lanjut supervisi yakni dengan kegiatan pemberian pengahragaan
untuk guru yang memiliki nilai tinggi, pemberian teguran untuk guru yang kurang
kompeten serta mengadakan follow up dengan cara diskusi bersama dengan
memberikan kesempatan pada guru mengikuti pelatihan dan workshop. 2)
Teknik-teknik kepala sekolah sebagai supervisor dalam dalam membina
kompetensi pedagogik guru di SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember yakni
kunjungan kelas, pertemuan pribadi, rapat dewan guru/staf, kunjungan antar
sekolah, kunjungan antar kelas, pertemuan dalam kelompok kerja guru dan
seminar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Perpustakaan Amilinda foni agustin
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:16
Last Modified: 17 Jul 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item