Haq, Arinal (2023) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023 BERDASARKAN FRAMEWORK PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) 2018. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Arinal Haq.pdf Download (7MB) |
Abstract
Arinal Haq, 2023: Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 Berdasarkan Framework Programme for International Student Assessment (PISA) 2018.
Kata kunci: Kemampuan, Literasi Sains, Ekosistem, PISA
Literasi menjadi indikator terhadap kemajuan suatu negara. Negara yang memiliki tingkat literasi yang baik akan berkembang pesat, begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, penting dilakukan pengukuran terhadap profil kemampuan literasi siswa, salah satunnya literasi sains. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi sains siswa, sehingga selanjutnya dapat dilakukan upaya-upaya tertentu dalam meningkatkan kemampuan tersebut menjadi lebih baik.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana profil kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 berdasarkan framework Programme For International Student Assessment (PISA) 2018?
Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 berdasarkan framework Programme For International Student Assesment (PISA) 2018.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sedangkan penentuan jumlah sampelnya menggunakan rumus Slovin dan menghasilkan sampel sebanyak 76 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes literasi sains siswa pada materi ekosistem yang dikembangkan berdasarkan framework PISA 2018. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem secara umum, sebanyak 2% siswa berada pada kategori rendah, siswa dengan kategori cukup sebesar 48,68% dan kategori tinggi yaitu 48,68%. Pada aspek konteks memiliki rata-rata 58% dengan kategori cukup,
aspek pengetahuan memiliki rata-rata 60,33% pada kategori cukup, dan aspek kompetensi sebesar 62% termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Mrs Arinal Haq |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:57 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27487 |
Actions (login required)
View Item |