SISTEM PENGAWASAN KESEHATAN TERHADAP PRODUK OLAHAN TAPE OLEH DINAS KESEHATAN BONDOWOSO DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 08 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di Desa Wringin Gang Tape Bondowoso)

Iga, Iga sefiana putri (2023) SISTEM PENGAWASAN KESEHATAN TERHADAP PRODUK OLAHAN TAPE OLEH DINAS KESEHATAN BONDOWOSO DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 08 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus di Desa Wringin Gang Tape Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
skripsi iga sefiana putri, s20162064..pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Iga Sefiana Putri, 2023 : Sistem Pengawasan Kesehatan Terhadap Produk Olahan Tape Oleh Dinas Kesehatan Bondowoso Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi kasus Di Desa Wringin Gang Tape Bondowoso).

Kata Kunci : Sistem Pengawasan, Produk Olahan Tape, UU No. 08 Tahun 1999

Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen berkaitan dengan produk olahan tape, karena dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen mengatur tentang hak-hak pelaku usaha dan konsumen. Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan hukum terhadap konsumen. Oleh karena itu, peneliti ingin menggali perlindungan konsumen terhadap produk olahan tape di tinjau Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Dinas Kesehatan.
Adapun fokus masalah ini 1) Bagaimana proses pengolahan tape di Desa Wringin Kab. Bondowoso? . 2) Bagaimana standart kesehatan terhadap produk olahan tape di Desa Wringin Kab. Bondowoso?. 3) Bagaimana sistem pengawasan dari Dinas Kesehatan Bondowoso terhadap produk olahan tape di Desa Wringin Kab. Bondowoso di tinjau dari Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada keterkaitan dari Dinas Kesehatan dengan Pengawasan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, mengetahui dan menganalisa Perlindungan Konsumen dalam produk tape yang ada di Desa Wringin menurut tinjauan Undang-Undang Nomor 08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian di lapangan. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian bahwa 1) Proses produk olahan tape terdiri dari 7 proses pengolahan tape. 2) Standart Kesehatan oleh Dinas Kesehatan terhadap produk olahan Tape adalah Untuk memberikan dan menjaga suatu proses yang di olah dari produk tape, agar produk tape tersebut bisa terjamin kualitasnya dan bisa menjamin kesehatan masyarakat. 3) Sistem Pengawasan terhadap produk olahan Tape, ditinjau dari Undang-Undang No. 08 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 1 Ayat 1 perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan hukum. Jadi sstem pengawasan produk olahan tape harus di jamin pengawasannya oleh Dinas Kesehatan, agar produk tape tidak memberikan dampak negative terhadap konsumen yaitu masyarakat. Sistem pengawasan produk olahan tape dari Dinas Kesehatan, karena Dinas Kesehatan yang mengawasi jalannya proses produksi pada Tape. Karena proses produk olahan tape, akan terjamin kesehatannya apabila Dinas Kesehatan yang mengawasi jalannya proses produk tape.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Depositing User: Ms Perpustakaan UIN Khas Jember
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:53
Last Modified: 17 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27488

Actions (login required)

View Item View Item