TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP STERILITAS MAKANAN MELALUI JASA GO-FOOD DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS WARUNG KULINER MITRA GOJEK DI DESA KERTOSARI PAKUSARI JEMBER)

Yuliana, Lisa (2023) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP STERILITAS MAKANAN MELALUI JASA GO-FOOD DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS WARUNG KULINER MITRA GOJEK DI DESA KERTOSARI PAKUSARI JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Revisi Sidang Lisa Yuliana (last) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Lisa Yuliana, 2023: Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Sterilitas Makanan Melalui Jasa GO-FOOD di Tengah Pandemi Covid-19 Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Warung Kuliner Mitra Gojek di Desa Kertosari Pakusari Jember.

Kata Kunci: Sterilitas Makanan, Go-food, Covid-19, Perlindungan Konsumen

Kemudahan dalam mengakses media sosial menjadi penyebab konsumen dan pelaku usahan untuk melakuan transaksi jual beli yang praktis dan mudah. Namun tak hanya sisi positif, kemudahan dan kepraktisan jual-beli melalui media sosial ini juga mempunyai sebuah permasalahan. Transaksi online yang biasanya dilakukan kerap kali menjadikan posisi konsumen pada titik lemah, sebab konsumen dan pelaku usaha tidak bertatap muka menyebakan konsumen berpotensi menderita kerugian yang cukup tinggi. Kerugian yang menimpa konsumen ialah tidak terjaminnya keamanan produk makanan.
Berlandaskan latar belakang di atas peneliti memilih fokus penelitian: 1) Bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap sterilisasi makanan yang dipesan melalui jasa go-food di tengah pandemi covid-19 di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari. 2) Bagaimana tinjauan hukum perlindungan konsumen terhadap sterilitas makanan yang dipesan melalui jasa go-food di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari.
Tujuan dari penelitian ialah untuk mendeskripsikan rasa tanggung jawab pelaku usaha dalam melakukan sterilisasi makanan yang dipesan melalui jasa go-food di tengan pandemi Covid-19 di Desa Kertosari Kecamatan Pakusari dan untuk mengetahui tinjauan hukum perlindungan konsumen terhadap sterilitas makanan yang dipesan melalui jasa go-food.
Jenis penelitian dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan studi lapangan. Dalam mengumpulkan data dibutuhkan tentang sterilisasi makanan yang dipesan melalui jasa go-food, dalam menyelesaikan penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling yakni pengambilan sampel sumber data dengan mempertimbangkan informasi-informasi yang didapat dari para informan.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah tanggung jawab pelaku usaha terhadap sterilisasi makanan yang dipesan melalui jasa Gofood di tengah pandemik Covid-19 di Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari masih tidak sesuai dengan standarisasi sterilisasi makanan dan Peraturan BPOM No. 19 Tahun 2019. Mengenai tinjauan hukum perlindungan konsumen terhadap sterilitas makanan yang dipesan melalui jasa Gofood di Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari. Indonesia sudah mempunyai beberapa undang-undang yang mengatur tentang perlindungan konsumen. Aturan tersebut diantaranya ialah Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan, dan Undang-undang No. 25 Tahun 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Yuliana Lisa Alfin
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:12
Last Modified: 17 Jul 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27491

Actions (login required)

View Item View Item