IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KEGIATAN STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL YAQIN KLUNGKUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Silfi, Ardianti (2023) IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KEGIATAN STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL YAQIN KLUNGKUNG JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin khas jember.

[img] Text
Silfi Ardianti.T20181058.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Silfi Ardianti, 2022. Implementasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah Dan Akhlakul Karimah (Skua) Di Mts Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Kata Kunci : Aqidah Akhlak, Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA)

Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) merupakan suatu cara yang dibentuk menjadi suatu kegiatan untuk mengukur standar kecakapan bagi peserta didik yang meliputi kecakapan al-Qur’an, hadits, aqidah akhlak, fikih, dzikir dan doa.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MTs Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? (2) Bagaimana Pelaksanaan Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MTs Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? (3) Bagaimana Evaluasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MTs Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ?
Tujuan penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MTs Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MTs Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 3) Mendeskripsikan Evaluasi dari Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Pada Kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah (SKUA) di MTs Nurul Yaqin Klungkung Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data berupa kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan pada penelitian ini adalah memberikan stimulus kepada peserta didik, memberikan penguatan kepada peserta didik, dan menentukan alat yang akan digunakan pada kegiatan Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul karimah . (2) pelaksanaan dari penelitian ini adalah pelaksanaan SKUA ini dilaksanakan pada jam pulang sekolah yaitu jam 12.00-13.00. Kelas VII hari rabu, kelas VIII hari kamis dan kelas IX hari sabtu. Kegiatan ini dilakukan dengan cara praktek dan setor hafalan. Alat-alat yang digunakan adalah kartu setoran SKUA dan buku LKS aqidah akhlak. (3) evaluasi dari penelitian ini adalah melalui penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Perpustakaan Silfi Ardianti
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:30
Last Modified: 17 Jul 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item