Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pecahan di SDN Karangharjo 02 Jember

Nur Aini, Ervi (2023) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pecahan di SDN Karangharjo 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ervi Nur Aini_T20167024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ervi Nur Aini, 2023: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pecahan di SDN Karangharjo 02 Jember.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), konsep matematika siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas IV-A SDN Karangharjo 02 Jember pada materi pecahan. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan konsep matematika siswa dalam pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Konsep Matematika Siswa di SDN Karangharjo 02 Jember.
TGT merupakan tipe dari model pembelajaran kooperatif yang menggunakan diskusi tim yang akan memicu minat belajar siswa dengan memberi ide sesama teman dalam anggota kelompoknya yang terdiri dari siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah sehingga menumbuhkan semangat belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV-A SDN Karangharjo 02. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Dan setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Karangharjo 02 yang berjumlah 28 orang siswa.
Berdasarkan data hasil pretest pemahaman konsep matematika siswa diketahui bahwa pemahaman konsep matematika siswa yaitu rata-rata 63,43 dengan ketuntasan klasikal siswa 53,57%. Siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata 73,57 dengan ketuntasan klasikal siswa yaitu 67,85 %. Pada siklus II rata-rata pemahaman konsep matematika siswa adalah 80,89 dengan ketuntasan klasikal siswa yaitu 82,14%. Hal ini menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang mencapai ketuntasan klasikal secara individu dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Konsep Matematika Siswa di SDN Karangharjo 02 Jember mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ervi nur aini
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:24
Last Modified: 18 Jul 2023 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27505

Actions (login required)

View Item View Item