Manajemen pembiayaan dalam membangun kemandirian pesantren di pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur

Alfarisi, Salman (2023) Manajemen pembiayaan dalam membangun kemandirian pesantren di pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN KIAI Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SALMAN FULL S watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Salman Al Farisi, 2023 Manajemen pembiayaan dalam membang

Aemandirian pesantren di pesantren Sidogiri Para

Jawa Timur

Kata Kunci: Manajemen pembiayaan, kemandirian pesantren Salah satu hal terpenting dalam manajemen pondok pesantren adalah manajemen pembiayaan Manajemen merupakan faktor kelemahan yang paling mendasar di lingkungan pondok pesantren Padahal, manajemen yang mapan untuk sebuah institusi semacam pondok pesantren salafiyah sangat diperlukan dan dibutuhkan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Dalam pondok pesantren, pengelolaan keuangan sering menimbulkan permasalahan serius bila pengelolaanya kurang baik Masalah keuangan merupakan masalah yang cukup mendasar di suatu lembaga pendidikan tremasuk pondok pesantren salafiyah Hal ini dikarenakan seluruh komponen pencdidikan sangat erat kaitannya dengan komponen keuangan.

Fokus penelitian ini: 1Bagaimana perencanaan manajemen pembiayaan yang diterapkan Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur dalam membangun kemandirian pesantren 2, 2) Bagaimana penerapan manajemen pembiayaan dalam Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur 7, 3) Bagaimana evaluasi manajemen pembiayaan Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur ?.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif Penentuan, subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik

Kesimpulan dan penelitian ini: 1) Dalam proses manajemen pembiayayan pondok pesantren sidogiri untuk membangun kemandirian pesantren dengan menerapkan tahapan pelaksanaan perencanaan yaitu: evaluasi program yang telah dijalankan, rapat pleno I untuk merancang program yang akan datang dan rapat pleno 2 untuk pengesahan program yang telah direncakanakan. 2) Dalam penerapan pembiayaan dalam membangun kemandirian pesantren. Besar anggaran yang akan diberikan menyesuaikan dengan program kerja yang akan dilaksanakan. Yang diambilkan dari uang pendaftaran santri 20% dan dan 80%) dari hasil kegiatan kewirausahaan yang dijalankan pondok pesantren secara mandiri pengambilan anggaran belanja dilakukan oleh ketua pelaksanaan program kegiatan yang telah diketahui dan diverifikasi oleh kordinator 3) Dalam evalusai manajemen pembiayaan untuk membangun kemandirian pesantren pengurus melaksanakan kegiatan Pelaporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang dilakukan pada tiap tahun. Dan melakukan pemeriksaan keuangan (auditing) degan cara melaporkan semua hasil pendapatan dan pengeluaran dalam satu tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Salman Alfarisi
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:15
Last Modified: 20 Jul 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27522

Actions (login required)

View Item View Item