Pengembangan kreativitas melalui seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di sanggar Kartika budaya ambulu Jember

Indah Sari, Suci (2023) Pengembangan kreativitas melalui seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di sanggar Kartika budaya ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suci Indah Sari_T20175031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan upaya awal dalam meletakkan dasar-dasar
kegiatan mendidik atau pondasi awal bagi tumbuh kembang anak selanjutnya, dimana
dibutuhkan situasi dan kondisi yang kondusif pada saat memberikan stimulasi yang sesuai
dengan kebutuhan anak yang karakteristiknya unik berbeda dengan orang dewasa. Keunikan
tersebut menjadikan pembelajaran anak usia dini dilakukan dengan prinsip belajar dan
bemain. Diharapkan melalui model pembelajaran tersebut dapat mengembangkan pribadi
yang kreatif, proses yang kreatif, produk karya yang kreatif, dalam rangka menghasilkan
kreativitas yang bersifat baru dan berbeda.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan kreativitas pada
aspek proses melalui seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di Sanggar Kartika
Budaya Ambulu Jember? 2) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek produk
melalui seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di Sanggar Kartika Budaya
Ambulu Jember? 3) Bagaimana pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui
seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di Sanggar Kartika Budaya Ambulu
Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian
berbentuk studi kasus. Lokasi penelitian ini di Sanggar Kartika Budaya Ambulu Jember.
Subyek penelitian menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan: observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana yang
meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Pengembangan kreativitas pada aspek proses melalui
seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di Sanggar Kartika Budaya Ambulu
Jember dilakukan dengan prinsip belajar dan bermain, yaitu menciptakan lingkungan belajar
yang menarik minat anak dengan tetap mengacu pada tema pembelajaran. Keterlibatan
pendampingan tutor yaitu memberikan kepercayaan diri kepada anak untuk berani
mengekspresikan diri melalui gerakan lagu dalam rangka menghasilkan gerakan baru yang
lebih menarik. Bentuk dari kreativitas pada aspek proses yaitu kelancaran anak untuk
berinovasi secara mandiri dengan memunculkan ide dan produk baru, menggabungkan
konsep berdasarkan pengalaman, dan memunculkan ide segar. 2) Pengembangan kreativitas
pada aspek produk melalui seni tari berbasis kearifan lokal pada anak usia dini di Sanggar
Kartika Budaya Ambulu Jember dilakukan dengan mengupayakan anak didik mampu
menguasai kemampuan pengendalian gerak tubuh yang selaras dengan pola dan irama
tempo lagu yang mengiringinya, serta mengolah gerak menjadi karya seni yang memiliki
nilai estetis. Bentuk dari pengembangan kreativitas pada aspek produk yaitu anak didik
dibimbing terampil mengatur keserasian antara gerakan tangan, kaki, dan wajah dalam
mengikuti alunan irama lagu yang mengiringinya, mengontrol keseimbangan gerakan tubuh,
dan terampil mengatur posisi arah hadap baik dengan temannya maupun dengan penonton.
3) Pengembangan kreativitas pada aspek dukungan melalui seni tari berbasis kearifan lokal
pada anak usia dini di Sanggar Kartika Budaya Ambulu Jember dilakukan dengan prinsip
team work yaitu saling menguatkan dan saling memberi dukungan baik secara moril maupun
materil. Bentuk dukungan tersebut yaitu, saling percaya, saling memotivasi, saling menjaga,
dan saling menghargai. Di samping itu dukungan juga bisa berbentuk memberikan fasilitas
yang memadai, partisipasi orang tua, memberi apresiasi yang positif berbentuk arahan,
pujian, hadiah, peraturan, semangat, dan memberikan surprise pada acara-acara tertentu
Kata Kunci: Pengembangan kreativitas, seni tari berbasis kearifan lokal, anak usia
dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Suci Indah Sari
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:23
Last Modified: 21 Jul 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27526

Actions (login required)

View Item View Item