PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA NAHDLIYYIN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH CERMEE BONDOWOSO

Muhaimin, Zainal (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUDAYA NAHDLIYYIN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALAH CERMEE BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZAINAL MUHAIMIN_T20193086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zainal Muhaimin, 2023: Peran Kepala Madrasah Dalam Mengiplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso.
Kata Kunci : Peran, Implementasi, Budaya Nahdliyyin.

Kepemimpinan merupakan aspek penting bagi seorang kepala madrasah karena seorang pemimpin harus berperan bagi kelompoknya untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan. Kepemimpinan didefinisikan sebagai seni atau proses untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain, agar mereka mau berusaha mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh kelompokmya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso? 2) Apa saja hambatan Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso? 3) Apa solusi kepala madrasah dalam menghadapi hambatan yang ada? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan solusi kepala madrasah dalam menghadapi hambatan yang ada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interakitf. Tahapannya adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Pemeriksaaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Peran kepala madrasah dalam mengiplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsnawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso sebagai administrator kepala madrasah terlibat erat dalam banyak tugas administrasi. Peran kepala madrasah sebagai supervisor adalah kepala madrasah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan standar pengajaran di Madrasah Tsanawiyah. Peran kepala madrash sebagai leader adalah kepala madrasah memiliki karakter khusus dalam penerapan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah. Peran kepala madrasah sebagai inovator kepala madrasah memiliki pendekatan yang tepat untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan, mencari konsep-konsep segar. Peran kepala madrasah sebagai educator untuk membiasakan peserta didik untuk menerapkan budaya nahdliyyin. 2) Dalam mengiplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso kepala madrasah memiliki beberapa kendala yakni kurangnya kesadaran siswa tentang budaya nahdliyyin, kurangnya dukungan dari orang tua siswa, kurangnya pendampingan dari guru dalam menerapkan budaya nahdliyyin dan sulitnya mengontrol perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. 3) Adapun solusi dalam hambatan yang terjadi dalam mengiplementasikan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Cermee Bondowoso yakni dengan cara memberikan pemahaman kepada siswa tentang bagaimana pentingnya budaya nahdliyyin, mengadakan pertemuan wali murid yang didakan setiap awal kenaikan kelas madrasah, memberikan jadwal piket kepada guru untuk mendampingi siswa dalam menerapkan budaya nahdliyyin di Madrasah Tsanawaiyah Darul Falah dan juga memfilter segala informasi yang masuk kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zainal Muhaimin
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:07
Last Modified: 20 Jul 2023 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27528

Actions (login required)

View Item View Item