Analisis Tes Kesehatan Pra Nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Perspektif Maslahah Mursalah

Siti, Robi'ah (2023) Analisis Tes Kesehatan Pra Nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Perspektif Maslahah Mursalah. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Siti Robi'ah S20161040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Robi’ah, 2023: Analisis Tes Kesehatan Pra Nikah Di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember Perspektif Maslahah Mursalah.
Kata Kunci: Tes Kesehatan Pra nikah, KUA Jombang, Maslahah Mursalah

Tes kesehatan pra nikah melalui imunisasi tetanus toksoid merupakan salah satu syarat penting yang harus dilakukan oleh calon pengantin dikarenakan pernikahan bukan hanya demi memenuhi kebutuhan seksual secara halal namun juga sebagai ikhtiar dalam mewujudkan keluarga yang baik dan sehat. Hal ini sesuai dengan Intruksi Bersama Direktur Jendral Pemberantasan Penyakit Menular Dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman Departemen Kesehatan Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Imunisasi Tetanus Toksoid Calon Pengantin. Oleh karena itu perlu adanya penelitian tentang analisis tes kesehatan pra nikah melalui imunisasi tetanus toksoid perspektif maslahah mursalah dalam pembentukan hukum di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember.
Fokus masalah pada skripsi ini diatara lain: 1). Mengapa pelaksanaan tes kesehatan pra nikah tidak dijadikan sebagai syarat administrasi nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. 2). Bagaimana analisis tes kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember perspektif maslahah mursalah . Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini antara lain: 1). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan tes kesehatan pra nikah tidak dijadikan sebagai syarat administrasi nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan analisis tes kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember perspektif maslahah mursalah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan conceptual approach, dengan melakukan identifikasi terhadap pandangan doktrin yang sudah ada untuk kemudian memunculkan gagasan baru. Dan juga menggunakan pendekatan case approach, guna mendapatkan gambaran mengenai sebuah kasus atau fenomena. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif , bertujuan untuk mengetahui faktor apa menjadi penghambat dari pihak KUA Jombang tidak menjadikan tes kesehatan pra nikah sebagai salah satu syarat administrasi nikah di KUA Jombang. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi.
Kesimpulan yang ditemukan pada penelitian ini ialah 1). Pelaksanaan tes kesehatan pra nikah di KUA Kecamatan Jombang Kabupaten Jember masih belum terlaksana, karena belum ada peraturan yang mengikat secara jelas dan tegas untuk mewajibkannya tes kesehatan pra nikah ini. Sedangkan manfaat dari tes kesehatan pra nikah adalah sebagai tindakan pencegahan yang efektif untuk membendung penyebaran penyakit menular ditengah masyarakat. 2). Prinsip tes kesehatan pra nikah ini pada dasarnya tidak bertentangan dengan hukum atau prinsip yang telah ditetapkan oleh nash atau ijma’ yang termasuk dalam kategori maslahah mursalah. Hal ini sesuai dengan konsep maslahah murslah. Sebagai bentuk upaya mewujudkan suatu kemanfaatan dan menghindari dari kemudharatan (bentuk perlindungan dari penyakit menular). Dan salah satu usaha untuk memudahkan dalam menjaga keturunan (hifz al-Nasl).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Robiah Aladawiyah
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:41
Last Modified: 20 Jul 2023 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item