PROGRAM KAJIAN DHUHA DALAM PEMBINAAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM JAMA’AH MASJID ROUDHOTUL MUCHLISIN CONDRO KALIWATES JEMBER TAHUN 2021

farizuan, achmad (2021) PROGRAM KAJIAN DHUHA DALAM PEMBINAAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM JAMA’AH MASJID ROUDHOTUL MUCHLISIN CONDRO KALIWATES JEMBER TAHUN 2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD FARIZUAN T20161020.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masjid sebagai salah satu pusat pendidikan Islam yakni melalui kajian Majelis Ta'lim yang telah dijelaskan di Undang-undang No.20 Tahun 2003 Pasal 23 Ayat 1 yang berbunyi Majelis Ta'lim atau nama lain yang sejenis bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia peserta didik serta mewujudkan rahmat bagi alam semesta. Di dalam undang-undang tersebut menjelaskan fungsi masjid selain tempat beribadah juga tempat kajian pendidikan nilai-nilai agama Islam. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Keimanan Jama'ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Ibadah Jama'ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember ? 3) Bagaimana Pelaksanaan Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Akhlak Jama'ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember ?
Tujuan Dari Penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Keimanan Jama'ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember 2) untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Ibadah Jama'ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember 3) untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Akhlak Jama'ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam alasan objek yang dikaji adalah objek yang alamiah, dimana objek tersebut berkembang apa adanya, tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak memengaruhi dinamika objek tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Observasi, Dokumentasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan mengenai Program Kajian Dhuha Dalam Pembinaan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Jama’ah Masjid Roudhotul Muchlisin Condro Kaliwates Jember dapat disimpulkan bahwa: 1). Pembinaan keimanan dalam kegiatan kajian dhuha sudah didapatkan oleh para jamaah, karena ada perubahan sikap dan keimanan yang dimiliki oleh para jamaah. Keimanan dalam diri jamaah telah tersentuh dengan adanya kajian dhuha, adanya baliho yang terpasang di masjid raudhatul mukhlisin bisa mengundang masyaratkat jember khususnya daerah kota untuk mengikuti sebuah kajian dhuha. 2). Dengan adanya dorongan mengikuti kajian dhuha, pembinaan ibadah dalam kajian dhuha sudah bisa dikatakan menyatu dengan kajian, karena dari rentetan acara kajian dhuha sudah ada ibadahnya seperti sholat dhuha dan sholawat kepada nabi. Dan pembinaannya dapat dilakukan di rumah masing-masing. 3) Kajian dhuha dalam pembinaan akhlaq di masjid raudhatul mukhlisin lebih menekankan pada masalah keluarga, mendidik anak dan akhlaq suami dan kewajiban istri untuk berumah tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Pacific Peoples Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Achmad Farizuan
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:31
Last Modified: 20 Jul 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27543

Actions (login required)

View Item View Item