PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MAMBAUL ULUM GILI KETAPANG KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO

Rosa Aprilia Purwanti, RAP (2021) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MAMBAUL ULUM GILI KETAPANG KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rosa Aprilia Purwanti_T20163068.pdf

Download (10MB)

Abstract

Rosa Aprilia Purwanti, 2020: Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Mambaul Ulum Gili Ketapang Sumberasih Probolinggo.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Peningkatan Kinerja Guru
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen Pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Keberhasilan kinerja akan tampak apabila terdapat motivasi kepala madrasah. Kepala madrasah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan madrasah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala madrasah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru, kepala madrasah juga harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat, dan penuh pertimbangan terhadap guru. Oleh karena itu kepala madrasah harus mempunyai kepribadian atau sifat-sifat dan kemampuan serta keterampilan-keterampilan untuk memimpin sebuah Lembaga Pendidikan. Dalam perannya sebagai seorang pemimpin, kepala madrasah harus dapat memperhatikan kebutuhan dan perasaan para guru yang bekerja sehingga kinerja guru selalu terjaga. Oleh karena itu selain gurunya sendiri yang berusaha meningkatkan kualitas kinerjanya, kepala madrasah juga berusaha mengupayakan pemberdayaan guru agar memiliki kinerja yang baik dan professional dalam menjalankan tugasnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai educator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Mambaul Ulum Sumberasih Probolinggo? 2) Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Mambaul Ulum Sumberasih Probolinggo? 3) Bagaimana peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MI Mambaul Ulum Sumberasih Probolinggo?
Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian dihimpun melalui metode pengumpulan data (interview, observasi, dan dokumentasi).
Hasil penelitian menunjukkan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sebagai educator yaitu melakukan pembinaan mental, moral, fisik, dan artistic. Kepala madrasah sebagai motivator yaitu melalui pemberian motivasi, pembinaan disiplin, suasana kerja yang menyenangkan, dan penyediaan sumber belajar bagi tenaga Pendidikan. Kepala madrasah sebagai educator yaitu menggerakkan, mengarahkan, dan membina tenaga pendidik. Peran tersebut berpengaruh dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik, walaupun belum maksimal dan masih perlu untuk dievaluasi. Kepala madrasah harus terus berusaha meningkatkan kinerja guru agar tercapainya tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Depositing User: Unnamed user with email rosaindonesiaraya@gmail.com
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:41
Last Modified: 24 Jul 2023 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27548

Actions (login required)

View Item View Item