Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi

Ghufron, Moh. Nur (2023) Strategi Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Sekolah Menengah Atas Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq.

[img] Text
MOH. NUR GHUFRON T20171392.pdf

Download (84MB)

Abstract

Upaya pencegahan radikalisme agama dalam kehidupan sehari-hari dapat diperkuat dengan adanya penanaman pendidikan moderasi beragama yang ada di sekolah. SMA Negeri Darussholah (SMANDA) Singojuruh Banyuwangi yang berada di Jl. Aruji Karta Winata Krajan No. 39, Dusun Krajan, Gumirih, Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi. Menjadi wadah atau naungan untuk mengokohkan pendirian dan keyakinan para peserta didik supaya tidak terjerumus pada paham radikalisme.
Fokus penelitian yang di ambil adalah: Bagaimana strategi penanaman nilai-nilai moderasi beragama dimensi nasionalisme, toleransi, anti kekerasan dan akomodasi terhadap budaya lokal di SMANDA Singojuruh Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan strategi penanaman nilai-nilai moderasi beragama dimensi nasionalisme, toleransi, anti kekerasan dan akomodasi terhadap budaya lokal di SMANDA Singojuruh Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi lapangan. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan penulis, yaitu: (1) Strategi penanaman nilai-nilai moderasi dimensi nasionalisme di SMANDA singojuruh terdiri atas dua pelaksanaan yakni pelaksanaan di luar kelas dan di dalam kelas. Diluar kelas yaitu pembiasaan dengan melaksanakan upacara bendera setiap hari senin. Sedangkan didalam kelas yaitu dengan membentuk karakter siswa melalui mata pelajaran PPKN dan PAI.(2) Strategi penanaman nilai-nilai moderasi dimensi toleransi di SMANDA singojuruh yaitu guru tidak menghalangi siswa berteman dengan siapa saja, kemudian didalam kelas guru mengajarkan siswa untuk bisa menerima dan menghargai pendapat dari orang lain. (3) Strategi penanaman nilai-nilai moderasi dimensi anti kekerasan di SMANDA singojuruh ialah dengan membentuk tim khusus bernama sekolah ramah anak dan juga BK keliling (4) Strategi penanaman nilai-nilai moderasi dimensi akomodasi terhadap budaya lokal di SMANDA singojuruh yaitu dengan selalu memperingati hari besar islam serta berkolaborasi dengan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Depositing User: Moh. Nur Ghufron
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:02
Last Modified: 20 Jul 2023 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27550

Actions (login required)

View Item View Item