STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER SISWA KELAS VIII DI SMP BAITUL ARQOM BALUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Alfani, Siti Indah (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER SISWA KELAS VIII DI SMP BAITUL ARQOM BALUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Indah Alfani_T20181243,.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perilaku indiscipliner siswa di sekolah
merupakan tantangan yang signifikan bagi guru Pendidikan Agama Islam.
Menghadapi perilaku seperti terlambat masuk kelas, ketidakpatuhan terhadap
aturan sekolah dan kurangnya menjaga kebersihan dilingkungan sekolah,
memerlukan strategi yang efektif dalam mengembangkan kedisiplinan siswa
berdasarkan nilai-nilai agama Islam.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana bentuk-bentuk
perilaku indisipliner pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung ?. 2)
Apa saja Factor-faktor yang mempengauhi perilaku indisipliner pada siswa kelas
VIII di SMP Baitul Arqom Balung ?. 3) Bagaimana strategi Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku indisipliner pada siswa kelas VIII di
SMP Baitul Arqom Balung.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui Bagaimana bentuk-
bentuk perilaku indisipliner pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung?.
2) Untuk mengetahu Apa saja Factor-faktor yang mempengauhi perilaku
indisipliner pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung ?. 3) Untuk
mengetahui Bagaimana strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Perilaku indisipliner pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif
deskriptif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
triangualsi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian dalam teknik analisi data
menggunakan model Miles dan Huberman
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Bentuk-bentuk perilaku indisipliner
peserta didik pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung yaitu
Kurangnya hormat kepada guru, Kurang disipilin terhadap waktu dan tidak
mengindahkan peraturan, dan Kurangnya memelihara keindahan dan kebersihan
lingkungan. 2) Factor-faktor yang mempengauhi perilaku indisipliner peserta
didik pada siswa kelas VIII di SMP Baitul Arqom Balung yaitu, faktor intenal
dari kurangnya motivasi intrinsik, kurangnya kemandirian dan penganturan diri
dan faktor eksternal dari keluarga, lingkungan, dan Tekhnologi. 3) strategi Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Perilaku indisipliner pada siswa kelas
VIII di SMP Baitul Arqom Balung yaitu, dengan cara melakukan pembiasaan-
pembiasaan baik seperti ekstrakulikuler dan sholat berjamaah, dan memberikan
sanksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Depositing User: Siti Indah Alfani
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:43
Last Modified: 21 Jul 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item