Manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan mutu lulusan di madrasah tsanawiyah nurur rahmah probolinggo

inayah, shalehatul (2023) Manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan mutu lulusan di madrasah tsanawiyah nurur rahmah probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SHALEHATUL INAYAH WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada dasarnya mutu lulusan meliputi keseluruhan proses pendidikan yaitu, input, proses dan output pendidikan. Untuk menghasilkan input, proses dan output yang berkualitas harus dilakukan dengan pengelolaan yang baik, pelaksanaan yang baik dan pengelolaan yang baik akan berdampak pada efektifitas pelaksanaan program dan peningkatan mutu dan mutu pendidikan
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan input di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah probolinggo?; 2) Bagaimana manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan proses di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah probolinggo?; 3) Bagaimana manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan output di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah probolinggo?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan input di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah Probolinggo. 2) Mendeskripsikan manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan proses di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah Probolinggo. 3) Mendeskripsikan manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan output di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah Probolinggo
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive, dan analisis data dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan perpanjangan pengamatan .
Hasil penelitian: Manajemen berbasis budaya religius dalam mengembangkan mutu lulusan di Madrasah Tsanawiyah Nurur Rahmah Probolinggo meliputi 3 hal: 1) Input yang dilaksanakan melalui seleksi dengan pre-tes dan Baca Tulis dan Al-Qur’an 2) Proses yang dilakukan yaitu dengan memaksimalkan pembelajaran tentang alqur’an sebagai kegiatan religius yang mendukung berkualitasnya mutu lulusan 3) Output yang dilakukan dengan meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik untuk menghasilkan suatu output yang mampu berdaya saing di dunia luar.

Kata Kunci: Manajemen, budaya religius, mutu lulusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mis shalehatul inayah
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:22
Last Modified: 24 Jul 2023 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27572

Actions (login required)

View Item View Item