Pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan menggunakan model experiential learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di mts Raudhatus Sholeh Probolinggo Tahun Pelajaran 2022-2023

Saifullah, Imam (2023) Pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan menggunakan model experiential learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di mts Raudhatus Sholeh Probolinggo Tahun Pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Imam Saifullah T20181046 PAI Final.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Imam Saifullah, 2023 :Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Dengan
Menggunakan Model Experiential learning Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis
Siswa Di MTs Raudatus Sholeh Probolinggo.
Kata Kunci : Model Experiential learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Berdasarkan data dilapangan bahwasanya terdapat suatu masalah yaitu
peserta didik mengalami kebosanan, belum mempu berpikir kritis, dan pasif
dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dengan demikian
pendidik memiliki ini siatif untuk menggunakan model experiential learning
dalam proses pembelajarannya. Sehingga peneliti memiliki ketertarikan untuk
melakukan penelitian di MTs Raudhatus Sholeh Probolinggo.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model
experiential learning dalam meningkatkan berpikir kritis siswa di MTs Raudatus
Sholeh Probolinggo ?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah
kebudayaan islam dengan menggunakan model experiential learning dalam
meningkatkan berpikir kritis siswa di MTs Raudatus Sholeh Probolinggo ?. 3)
Bagaimana evaluasi pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan
menggunakan model experiential learning dalam meningkatkan berpikir kritis
siswa di MTs Raudatus Sholeh Probolinggo ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model
experiential learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di
MTs Raudhatus Sholeh probolinggo. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model
experiential Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di
MTs Raudhatus Sholeh Probolinggo. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan model experiential learning
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di MTs Raudhatus Sholeh
Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu : observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian
data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan yaitu, 1) Perencanaan pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam model experiential learning, guru menyiapkan RPP,
Materi dan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran model experiential
learning yaitu memberikan kesempatan untuk mempraktekkan hasil pengalaman
yang sudah dilakukan maupun dipelajari di kelas. 3) Proses evaluasi pembelajaran
yaitu guru memberikan tugas yang berupa tes tulis dan tes lisan tujuannya
mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan
di kelas, dengan hasil peserta didik mengalami peningkatan dalam berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: My Imam Saifullah
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:34
Last Modified: 24 Jul 2023 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27575

Actions (login required)

View Item View Item