Penerapan Metode Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI pada Siswa Kelas VII MTs Raden Fatah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023

Kamilah, Siti Muflihatul (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran SKI pada Siswa Kelas VII MTs Raden Fatah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Siti Muflihatul Kamilah_T20191360.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan jarang diminati oleh para peserta didik madrasah. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk mempelajari SKI. Salah satu metode pembelajaran yang menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yakni Metode Make a Match (Mencari Pasangan). Selain bertujuan untuk menarik peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, penerapan metode ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menggunakan metode Make a Match dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran SKI kelas 7 MTs Raden Fatah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Make a Match dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran SKI kelas 7 MTs Raden Fatah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran menggunakan metode Make a Match dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran SKI kelas 7 MTs Raden Fatah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023?
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan Penerapan Metode Make a Match meliputi tiga aspek yaitu (a) Perumusan tujuan metode pembelajaran make a match terdapat dua tujuan yakni tujuan mengenai kompetensi yang mencakup aspek kognitif. Juga tujuan menggunakan metode pembelajaran Make a Match supaya siswa lebih aktif dan keterampilan komunikasi siswa meningkat serta dapat memberikan kesempatan siswa untuk bekerja sama dan berdiskusi tentang materi tersebut. (b) Pemilihan materi pelajaran adalah Kondisi Masyarakat Madinah Sebelum Islam. (c) Persiapan metode yaitu menyiapkan 4 bahan, mengukur, menggunting dan menulis pertanyaan dan jawaban pada kartu. 2) Pelaksanaan Penerapan Metode Make a Match meliputi tiga aspek yaitu (a) Kegiatan Pendahuluan meliputi mengucapkan salam, berdoa dan menyampaikan materi pelajaran secara singkat tentang Kondisi Masyarakat Madinah Sebelum Islam. (b) Kegiatan Inti berupa langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Make a Match meliputi membagikan kartu, memikirkan pertanyaan dan jawaban, mencari pasangan kartu, memberi poin,mengulang babak kedua dan kesimpulan (c) Kegiatan Penutup yakni melakukan tanya jawab kepada siswa tentang materi dan metode pembelajaran pada kegiatan inti. Kemudian memberikan tugas merangkum materi yang sudah dipelajari dan diakhiri dengan berdoa bersama dan mengucapkan salam. 3) Evaluasi Penerapan Metode Make a Match adalah mengevaluasi siswa melalui aspek kognitif yang mencakup dari segi pengetahuan dan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Muflihatul Kamilah
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:52
Last Modified: 24 Jul 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27581

Actions (login required)

View Item View Item