Pengaruh Bullying Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Badean 01 Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Novitasari, . (2023) Pengaruh Bullying Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SDN Badean 01 Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVITASARI _D20185023.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk menuntut ilmu, di sekolah siswa
akan menempuh pendidikan selama beberapa tahun, dalam beberapa tahun tersebut
siswa akan mempelajari hal-hal baru dengan orang-orang yang berada di dalam
lingkungan sekolah tersebut. Selama proses pendidikan tentunya dibutuhkan
lingkungan yang aman dan nyaman bagi siswa agar dapat memperoleh hasil belajar
yang maksimal. Namun pada kenyataannya di sekolah masih dapat kita temui
tindakan kekerasan antar sesama teman atau yang sering disebut bullying. Bullying
merupakan perilaku yang menyakiti individu lain baik secara fisik, verbal, dan
relasional yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang lebih kuat terhadap
individu atau kelompok yang lebih lemah. Seperti halnya yang terjadi di SDN Badean
01 pada 30 siswa ditemukan adanya tindakan bullying fisik, verbal, dan relasional dan
apabila dibiarkan, dikhawatirkan akan mempengaruhi prestasi belajarnya di sekolah..
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
bullying terhadap prestasi belajar siswa di SDN Badean 01 Kecamatan Bangsalsari
Kabupaten Jember. Manfaat dalam penelitian ini secara teoritis yaitu sebagai
pedoman untuk peneliti yang ingin mengkaji tentang perilaku bullying dan prestasi
belajar dikalangan peserta didik. Sedangkan manfaat secara praktis adalah untuk
mengembangkan program-program pencegahan bullying di lingkungan sekolah serta
membantu orang tua dalam mengenali tanda-tanda perilaku bullying yang mungkin
dialami oleh anak-anak mereka.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian deskriptif, dengan populasi sebanyak 150 siswa SDN Negeri Badean
01, dan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
penyebaran angket/kuesioner. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, dan
teknik yang digunakan uji asumsi klasik, dan uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi regresi adalah sebesar 0,720.
Oleh karena 0,720 > 0,05 dan nilai t hitung sebesar 0,363 < 2,048 maka perilaku
bullying tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri Badean 01. Hal
ini dikarenakan bullying yang terjadi disekolah ini termasuk dalam kategori ringan.
Selain itu, motivasi, kepercayaan diri, dukungan sosial, dan kecerdasan siswa serta
upaya guru yang sudah cukup baik dalam penanganan bullying.
Kata Kunci: Bullying, Prestasi Belajar, SD Negeri Badean 01 Kecamatan
Bangsalsari Kabupaten Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Novitasari . .
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:51
Last Modified: 26 Jul 2023 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27583

Actions (login required)

View Item View Item