Pengembangan media pembelajaran IPA berbentuk fotonovela pada materi cahaya dan alat optik untuk kelas VIII SMP/ MTS

Rae adhyasa, Zulfian (2023) Pengembangan media pembelajaran IPA berbentuk fotonovela pada materi cahaya dan alat optik untuk kelas VIII SMP/ MTS. Undergraduate thesis, UIN khas kiai haji Achmad siddiq jember.

[img] Text
sekripsi watermark zulfian

Download (7MB)

Abstract

Zulfian Rae Adhyasa, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbentuk Fotonovela pada Materi Cahaya dan Alat Optik untuk Kelas VIII SMP/MTs
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Fotonovela, Cahaya dan Alat Optik

Peran pendidikan dalam suatu bangsa itu sangatlah penting. Kualitas atau mutu pendidikan menentukan maju tidaknya bangsa tersebut. Pembaharuan pendidikan harus terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan suatu bangsa, sehingga bangsa tersebut bisa maju. Media pembelajaran fotonovela adalah salah satu alat bantu untuk menyampaikan pesan secara visual yang berupa gambar dan tulisan. Dari beberapa penelitian terdahulu yang telah saya baca, terbukti bahwa media pembelajaran menggunakan fotonovela dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena belajar dengan bantuan gambar akan lebih menarik serta mudah dipahami oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kevalidan media pembelajaran IPA dalam bentuk fotonovela pada materi cahaya dan alat optik untuk kelas VIII SMP/MTS dan 2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran IPA dalam bentuk fotonovela pada materi cahaya dan alat optik untuk kelas VIII SMP/MTS.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (development) karena keterbatasan waktu penelitian. Pada tahap pendefinisian (define) dilakukan analisis pendahuluan, kebutuhan dan konsep. Pada tahap perancangan (design) dilakukan perancangan media pembelajaran. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan pengembangan media pembelajaran sesuai yang telah direncanakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran pada aspek materi memperoleh rata-rata sebesar 4,26 atau 85,20% dengan kategori “sangat valid”. Kevalidan media pembelajaran pada aspek media memperoleh rata-rata sebesar 4,70 atau 94,00% dengan kategori “sangat valid”. Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 91,97% dari seluruh aspek dengan kategori “sangat kuat”. Dengan demikian media pembelajaran IPA dalam Bentuk Fotonovela pada Materi Cahaya dan Alat Optik dikatakan layak dengan kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr Adhyasa Zulfian rae
Date Deposited: 26 Jul 2023 07:27
Last Modified: 26 Jul 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27600

Actions (login required)

View Item View Item